Manfaat Konsumsi Bawang Putih Mentah Yang Jarang Diketahui

Konsumsi bawang putih mentah ternyata baik untuk melawan penyakit dalam tubuh.

SERUJI.CO.ID – Selain digunakan sebagai bumbu dasar di semua masakan, ternyata bawang putih dapat dikonsumsi secara mentah. Cara ini memang terdengar tidak biasa, namun makan bawang putih bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Saat memakan bawang putih dalam keadaan mentah, maka nutrisi yang masuk ke dalam tubuh lebih utuh, ketimbang bawang putih yang dimasak dan membuat kandungan yang terdapat di dalam bawang putih menjadi terurai.

Baca juga: Manfaat Bawang Bombay Yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta

Menurunkan Resiko Kanker

Bawang putih kaya kandungan senyawa sulfur bioaktif, yang bisa mencegah pembentukan sel kanker dalam tubuh. Cara kerja senyawa ini adalah dengan memperbaiki sel tubuh yang rusak, melindungi tubuh dari zat karsinogen dan menghambat penyebaran sel tidak sehat.

Anda bisa memakan mentah-mentah bawang putih, atau menjadikan bawang putih jus dan dikonsumsi dengan tambahan madu.

Baca juga: Kandungan Buah Bit Membantu Mengobati Kanker

1
Mencegah Penyakit Jantung

Hasil penelitian yang diterbitkan The Journa of Nutrition menyebutkan, konsumsi bawang putih mentah bisa mengurangi penumpukan plak dalam arteri koroner, atau dikenal sebagai pembuluh darah yang memompa darah ke jantung.

Rutin makan bawang putih mentah dapat mencegah pembentukan plak pada arteri koroner. Sehingga bagus bagi kesehatan jantung dan sistem metabolisme.

2
Mencegah Flu

Flu memang bukan penyakit berbahaya namun bisa jadi penyakit yang cukup menyebalkan. Terutama jika hidung tersumbat saat tidur, dan beler tak berkesudahan saat beraktivitas.

Makan bawang putih mentah, ternyata bisa mencegah flu datang. Ini karena bawang putih mentah kaya akan zat allicin, yang memiliki fungsi sebagai antivirus, antimikroba dan anti jamur, yang terbukti mampu membunuh berbagai organisme yang bisa menyebabkan penyakit.

Sebuah penelitian menyebutkan, saat pergantian musim begini, bawang putih mentah bisa meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

Konsumsi bawang putih mentah bisa sangat bermanfaat bagi tubuh. Namun masalah lain yang muncul adalah, munculnya bau bawang keluar dari mulut.

Agar tidak bau, setelah makan bawang putih mentah, coba konsumsi bawang dengan daun seledri atau kemangi, agar bau bawang tidak dominan. Barengi juga konsumsi susu rendah lemak, atau konsumsi yogurt setelah makan bawang putih mentah.

Atau bisa juga sikat gigi dan kumur dengan cairan pembersih mulut, agar aroma bawang putih tidak lagi kuat. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...