Manfaat Bawang Bombay Yang Akan Membuat Anda Jatuh Cinta

Selama ini bawang bombay dikenal sebagai salah satu penyedap masakan saja. Padahal bawang bombay membawa zat baik yang bermanfaat bagi tubuh.

SERUJI.CO.ID – Bawang bombay sudah tak perlu diragukan kemampuannya sebagai bumbu pelengkap dalam masakan. Tak hanya itu, bawang bombay juga termasuk dalam makanan rendah kalori dan kaya antioksidan, mineral dan vitamin.

Selain itu bawang bombay juga memiliki kandungan magnesium, folat, fosfor, kalium, sulfur, zat besi, antioksidan kuersetin dan kalsium.

Zat-zat tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, seperti membuat sistem kekebalan tubuh menjadi kuat hingga mencegah kanker. Selain itu, apa saya manfaat yang bisa kita dapatkan dengan konsumsi bawang bombay?

1
Sistem Kekebalan Tubuh Kuat

Antioksidan dalam bawang bombay dapat menangkal radikal bebas. Maka komponen bawang bombay penting jika dimasukan dalam apapun jenis masakan anda. Selain memberi energi, anda sekaligus dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari virus atau bakteri yang akan masuk ke tubuh.

2
Menjaga Jantung dan Mengurangi Resiko Stroke

Kandungan kalium dalam bawang bombay memiliki daya untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga hal ini bisa jadi kabar baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Tak hanya itu, kandungan kuersetin di dalamnya, membantu kalium dalam menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Kuersetin juga mampu mencegah adanya penumpukan plak di arteri, sehingg dapat mengurangi resiko stroke.

3
Mencegah Datangnya Sel Kanker

Karena kaya antioksidan dan dapat menangkal radikal bebas, maka bawang bombay juga dipercaya dapat mencegah datangnya sel kanker, yang biasa datang karena dampak radikal bebas.

Selain itu ada sebuah penelitian mengungkapkan, bawang bombay juga membantu mengurangi terjadinya resistensi insullin dan hiperglikemia pada pasien kanker payudara, yang sedang menjalani kemoterapi.

Baca juga: Kandungan Buah Bit Membantu Mengobati Kanker

4
Baik Untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain untuk kesehatan tubuh, ternyata bawang bombay juga bagus untuk kesehatan rambut. Dalam sebuah penelitian pernah dilakukan uji coba, mengoleskan masker bawang bombay ke kepala secara rutin selama 2 bulan, bisa meningkatkan pertumbuhan rambut.

Kandungan vitamin C yang melimpah pada bawang bombay, dipercaya dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kemudian kandungan folatnya, juga dapat meringankan depresi dan mencegah kelebihan homosistein yang mungkin terbentuk dalam tubuh, yang dapat menghambat aliran darah dan nutrisi ke otak.

Meski begitu, tidak semua orang cocok dengan hal ini. Sebelum dilakukan secara merata, ada baiknya melakukan uji coba terlebih dahulu.

Baca juga: Masker Rambut Berbahan Dasar Yogurt Yang Mudah Dibuat

5
Bagus Untuk Pencernaan

Pada dasarnya bawang bombay mengandung serat larut yang biasa disebut oligofructose. Serat ini yang mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus, sehingga konsumsi bawang bombay bagus untuk meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, serat tersebut juga dibutuhkan untuk untuk mengobati diare. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...