close

Jenis Susu Apa yang Baik Diberikan Kepada Anak?

Susu UHT, Susu Kental Manis (SKM) dan susu bubuk, mana yang bagus untuk tumbuh kembang anak?

SERUJI.CO.ID – Susu menjadi kebutuhan penting untuk menutrisi tumbuh kembang anak. Jenisnya pun beragam dan banyak beredar di pasaran. Meski sumbernya sama, yakni dari sapi, aneka jenis susu yang beredar tak semuanya bagus dikonsumsi anak-anak.

Agar kebutuhan kalsium dan vitamin D tercukupi, sebaiknya pilihlah susu pertumbuhan yang dikemas dalam bentuk susu bubuk. Jenis susu ini juga banyak, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak.

Karena produsen susu sudah mengemas susu buatan mereka sesuai dengan usia dan kebutuhan si kecil.

 

Susu bubuk terbuat melalui proses penguapan susu cair, sehingga kandungan airnya benar-benar hilang dan berganti menjadi butiran bubuk. Dalam satu sendok makan susu bubuk tanpa lemak, mengandung sekitar 27 kalori, 94 mg kalsium, vitamin A dan vitamin D.

Baca juga: Perbedaan Susu Biasa dan Susu Protein Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Lalu bolehkah memberikan susu UHT atau susu kental manis (SKM) kepada anak?

Pakar kesehatan mengatakan, pemberian susu UHT atau susu UKM boleh saja. Asalkan bukan sebagai pengganti susu bubuk. Pemberiannya pun tidak boleh terlalu sering. Bagi anak dalam masa pertumbuhan, terutama pada balita, kandungan susu UHT dan SKM masih belum mencukupi kebutuhan tumbuh kembang mereka.

Bahkan kandungan gula pada kedua jenis susu tersebut lebih banyak dibanding nutrisi pentingnya.

Pembuatan SKM melalui proses kondensasi dengan cara menghilangkan separuh volume cairannya menjadi kental. SKM juga diberi tambahan banyak gula, yang berfungsi sebagai pengawet. Kandungan nutrisinya seperti kalsium dan protein menjadi berkurang karena dominasi glukosa.

Sedangkan susu UHT (Ultra High Temperature) diproses melewati suhu yang sangat tinggi, agar susu dapat awet dalam jangka waktu lama. Sehingga berbagai mikroorganisme asing mati. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?