close

Jenis Susu Apa yang Baik Diberikan Kepada Anak?

Susu UHT, Susu Kental Manis (SKM) dan susu bubuk, mana yang bagus untuk tumbuh kembang anak?

SERUJI.CO.ID – Susu menjadi kebutuhan penting untuk menutrisi tumbuh kembang anak. Jenisnya pun beragam dan banyak beredar di pasaran. Meski sumbernya sama, yakni dari sapi, aneka jenis susu yang beredar tak semuanya bagus dikonsumsi anak-anak.

Agar kebutuhan kalsium dan vitamin D tercukupi, sebaiknya pilihlah susu pertumbuhan yang dikemas dalam bentuk susu bubuk. Jenis susu ini juga banyak, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anak.

Karena produsen susu sudah mengemas susu buatan mereka sesuai dengan usia dan kebutuhan si kecil.

 

Susu bubuk terbuat melalui proses penguapan susu cair, sehingga kandungan airnya benar-benar hilang dan berganti menjadi butiran bubuk. Dalam satu sendok makan susu bubuk tanpa lemak, mengandung sekitar 27 kalori, 94 mg kalsium, vitamin A dan vitamin D.

Baca juga: Perbedaan Susu Biasa dan Susu Protein Tinggi Yang Perlu Anda Ketahui

Lalu bolehkah memberikan susu UHT atau susu kental manis (SKM) kepada anak?

Pakar kesehatan mengatakan, pemberian susu UHT atau susu UKM boleh saja. Asalkan bukan sebagai pengganti susu bubuk. Pemberiannya pun tidak boleh terlalu sering. Bagi anak dalam masa pertumbuhan, terutama pada balita, kandungan susu UHT dan SKM masih belum mencukupi kebutuhan tumbuh kembang mereka.

Bahkan kandungan gula pada kedua jenis susu tersebut lebih banyak dibanding nutrisi pentingnya.

Pembuatan SKM melalui proses kondensasi dengan cara menghilangkan separuh volume cairannya menjadi kental. SKM juga diberi tambahan banyak gula, yang berfungsi sebagai pengawet. Kandungan nutrisinya seperti kalsium dan protein menjadi berkurang karena dominasi glukosa.

Sedangkan susu UHT (Ultra High Temperature) diproses melewati suhu yang sangat tinggi, agar susu dapat awet dalam jangka waktu lama. Sehingga berbagai mikroorganisme asing mati. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar