close

Makna Dalam Paes Siger Pengantin Pasundan

Tak dapat dipungkiri, paes siger pengantin Sunda membuat wanita tampak semakin elok dan anggun.

SERUJI.CO.ID – Pernikahan di Indonesia biasanya identik dengan upacara adat beserta semua pernak-perniknya. Seperti pengantin Pasundan yang identik dengan pemakaian paes siger sebagai lambang.

Bukan tanpa arti, selain membuat pengantin Pasundan nampak anggun, paes siger ini sarat akan makna yang mendalam.

Siger merupakan mahkota yang biasa digunakan pengantin wanita. Siger memiliki beberapa ornamen yang masing-masingnya memiliki makna yang melambangkan wujud hormat wanita kepada suami.

 

Berat mahkota ini bisa mencapai 2 kg dan bermakna harapan dan rasa hormat kepada suami, kearifan dan kebijaksanaan dalam sebuah pernikahan.

Di belakang sanggul, terpasang enam buah hiasan kembang tanjung yang melambangkan kesetiaan istri kepada suami.

Hiasan sanggul kembang goyang dipasang menghadap ke depan dan belakang. Hal ini bermakna bahwa istri akan selalu tampil cantik baik di depan suami, maupun di belakang suami.

Tak lupa, pengantin wanita diberi rangkaian bunga melati yang melambangkan kesucian dan kemurnian sang istri.

Paes siger ini merupakan budaya turun temurun dari masa lampau, yang juga dikenakan para putri kerajaan Sunda di masa lalu untuk pesta pernikahan mereka. (Nia)

Loading...

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?