Makna Dalam Paes Siger Pengantin Pasundan

Tak dapat dipungkiri, paes siger pengantin Sunda membuat wanita tampak semakin elok dan anggun.

SERUJI.CO.ID – Pernikahan di Indonesia biasanya identik dengan upacara adat beserta semua pernak-perniknya. Seperti pengantin Pasundan yang identik dengan pemakaian paes siger sebagai lambang.

Bukan tanpa arti, selain membuat pengantin Pasundan nampak anggun, paes siger ini sarat akan makna yang mendalam.

Siger merupakan mahkota yang biasa digunakan pengantin wanita. Siger memiliki beberapa ornamen yang masing-masingnya memiliki makna yang melambangkan wujud hormat wanita kepada suami.

 

Berat mahkota ini bisa mencapai 2 kg dan bermakna harapan dan rasa hormat kepada suami, kearifan dan kebijaksanaan dalam sebuah pernikahan.

BACA JUGA:  Busan National Gugak Center Tampil Dipertunjukan perdana "The Land of Morning Calm – A Journey of Hundred Years

Di belakang sanggul, terpasang enam buah hiasan kembang tanjung yang melambangkan kesetiaan istri kepada suami.

Hiasan sanggul kembang goyang dipasang menghadap ke depan dan belakang. Hal ini bermakna bahwa istri akan selalu tampil cantik baik di depan suami, maupun di belakang suami.

Tak lupa, pengantin wanita diberi rangkaian bunga melati yang melambangkan kesucian dan kemurnian sang istri.

Paes siger ini merupakan budaya turun temurun dari masa lampau, yang juga dikenakan para putri kerajaan Sunda di masa lalu untuk pesta pernikahan mereka. (Nia)

TERPOPULER

TERBARU

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.