Disetujui Provinsi, Solok Selatan Segera Miliki BLK

PADANG, SERUJI.CO.ID – Kabupaten Solok Selatan, Sumbar, segera memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) setelah usulan pendirian unit pengelola teknis daerah itu disetujui provinsi dengan cakupan wilayah kerja untuk enam kabupaten/kota.

“Wilayah BLK dan peternakan yang direncanakan ini memiliki cakupan Solok Selatan, Kabupaten Solok, Kota Solok, Dharmasraya, Sijunjung dan Sawahlunto. Selain latihan kerja juga akan ada pelatihan peternakan,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Solok Selatan, Basrial di Padang, Kamis (2/11).

Kepastian pendirian BLK di Solok Selatan, setelah usulan pemerintah setempat disetujui oleh Pemprov Sumbar.

“Usulan ke provinsi untuk pembentukan UPTD Disnakertrans berupa BLK telah memenuhi syarat, dan disetujui untuk didirikan,” tambahnya.

Dan pendirian BLK ini, telah sesuai dengan Permendagri No.12/2017 tentang Pedoman Pembentukan dan Klasifikasi Cabang Dinas dan UPTD.

Setelah turunnya persetujuan ini, langkah Pemkab Solok Selatan selanjutnya adalah merancang pendirian BLK sebagai tempat pelatihan tenaga kerja di Solok Selatan. BLK yang akan didirikan dirancang berstandar nasional.

Terkait pendirian BLK, daerah diminta untuk menyediakan tanah. Jika tanah telah tersedia, pemerintah pusat siap untuk memberikan dananya untuk pembangunan BLK tersebut.

“Mudah-mudahan bisa dianggarkan untuk penyediaan tanahnya di APBD 2018 Solok Selatan. Setelah lahan rampung, pusat siap kucurkan anggaran untuk pembangunan fisik dan peralatannya,” ujarnya.

“Proposal sudah kami ajukan ke pusat,” lanjutnya.

Di lahan seluas lima hektare tersebut, jelas Basrial, BLK ini akan menjadi sebuah kawasan dengan fasilitas latihan kerja yang lengkap, mulai dari pertukangan, perbengkelan, hingga pariwisata dan tata boga serta peternakan.

“Jadi bukan satu latihan kerja saja, tapi banyak. Ini perlu kerja sama OPD lainnnya,” ujarnya.

Anggota DPRD Solok Selatan, Sholihin mendukung rencana Disnakertrans dalam pendirian BLK tersebut “Sudah semestinya Solok Selatan memiliki BLK sendiri. Dengan adanya BLK sendiri, kita yakin pelatihan-pelatihan tenaga kerja untuk generasi muda bisa lebih optimal,” kata politisi PKS ini.

“Ini peluang kita untuk mengambil dana pusat untuk pembangunan BLK ini. Rugi besar jika tidak kita dukung dalam hal penyediaan anggaran untuk tanahnya,” tambahnya. (Ant/SU01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER