Tingkatkan Komoditas Cabai Nasional, Yayasan Baitul Maal BRI Bantu Petani

0
87
  • 60
    Shares
Baitul Maal BRI
Pengurus YBM BRI bersama petani dengan hasil panen cabai.

INDRAMAYU, SERUJI.CO.ID – Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia (YBM-BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Bandung, pada Kamis (22/3), menggelar panen perdana program Peningkatan Keterampilan Usaha Rakyat (PKUR) budidaya Cabai Merah di Desa Sukahiji, Kecamatan Patrol, Indramayu, Jawa Barat.

Sukacita tak dapat disembunyikan para petani penerima manfaat program tersebut yang akhirnya dapat menikmati hasil budidayanya.

Sebelumnya, YBM-BRI telah menggulirkan dana pemberdayaan yang berasal dari zakat pegawai BRI Seluruh Indonesia sebesar Rp 90.900.000,-. Aliran dana pemberdayaan tersebut mengalir kepada dua puluh mustahik di Sukahaji.

Turut hadir dalam kegiatan panen perdana tersebut Zakaria Ansor, selaku Ketua Kelompok PKUR, Ahmad Fatoni, selaki Bendahara Kelompok PKUR, Rohyadi, selaku Mentor Usaha dan seluruh anggota kelompok PKUR budidaya Cabai Merah.

“Bukan hanya bantuan modal usaha saja yang YBM-BRI berikan kepada kami. Di program ini para petani anggota PKUR budidaya Cabai Merah juga mendapat pelatihan keterampilan teknis, seperti cara penanaman dan lain sebagainya. Sehingga anggota yang mendapatkan pengetahuan baru yang akan meningkatkan produksi Cabai Merah. Tentunya juga dengan kualitas terbaik,” ucap Zakaria Ansor, di sela acara panen perdana tersebut.

Kelompok yang dibentuk pada November 2017 tersebut, mulai menanam Cabai Merah pada akhir Desember 2017. Siklus panen Cabai Merah adalah selama 3 bulan sejak penanaman. Sehingga pada bulan ini, para petani mulai menikmati hasilnya.

Budidaya Cabai Merah tersebut bergulir di atas lahan seluas satu Hektare, dengan jumlah pohon Cabai sebanyak 12.000 pohon. Sistem pemanenan Cabainya pun tidak dapat dilakukan secara bersamaan. Namun bertahap setiap 2-3 hari sekali selama 5 bulan. Hal tersebut dikarenakan tingkat kematangan setiap pohon Cabai bervariasi.

Diperkirakan setiap satu pohon cabai mampu menghasilkan 0,8 – 1 Kg cabai dengan kisaran harga jualnya Rp 25.000 – Rp 35.000/Kg. Semoga keberkahan terus mengalir kepada para petani pemberdayaan dan juga seluruh pegawai BRI di Indonesia yang telah menitipkan zakatnya untuk membangun semangat berIndonesia melalui YBM-BRI.

(ARif R)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU