Dikalahkan Kroasia 3-0, Pelatih Argentina: Jangan Salahkan Messi


RUSIA, SERUJI.CO.ID –  Pelatih timnas Argentina Jorge Sampaoli memikul tanggung jawab untuk kekalahan memalukan 0-3 di di Piala Dunia dari Kroasia, ketika ia berusaha untuk mengalihkan kritik dari kesalahan kiper dan penampilan buruk kaptennya Lionel Messi.

“Ini bukan tanggung jawab bos secara parsial, ini adalah tanggung jawab dia sepenuhnya,” kata Sampaoli, setelah Argentina menelan kekalahan terbesar di fase grup Piala Dunia sejak 1958, hasil yang membuat Kroasia melaju ke 16 besar.

Di depan para penggemar yang menyaksikannya dengan tidak percaya di Stadion Nizhny Novgorod, Argentina runtuh pada babak kedua setelah kiper Willy Caballero gagal membuang bola dengan baik dan Ante Rebic mengemas gol pertama Kroasia.

“Tidak tepat untuk menyalahkan Caballero,” kata Sampaoli, yang terlihat bingung pada konferensi pers pascapertandingannya.

“Jika saya merencanakan beberapa hal dengan berbeda, itu akan berjalan dengan berbeda. Sejujurnya saya pikir rencana untuk pertandingan ini adalah memberi tekanan terhadap lawan. Namun setelah bencana di babak pertama, kami secara emosional telah kalah,” imbuhnya.

Messi, yang kemungkinan besar bermain di Piala Dunia terakhirnya, memberikan dampak minimal, kebanyakan ia tidak mampu berkutik akibat penjagaan rapat Kroasia.

“Kekuatan penggerak kami adalah Leo, namun kami tidak dapat menemukan dia. Kami bekerja sebagai tim untuk memberikan bola kepada Leo, namun juga tim lain (Kroasia) juga bekerja untuk menghindari hal itu,” tambah Sampaoli, yang pemain-pemain terbaiknya tampil di bawah standar pada setahun masa kepelatihannya.

“Ini merupakan tanggung jawab pengemudi. Semuanya yang terjadi di tim karena kepemimpinan. Leo dianggap tidak memiliki para pengemudi sebaik dia di diri kami,” ungkapnya.

Rasa sakit Sampaoli berada di peringkat ketiga di Grup D dengan koleksi satu poin setelah dua pertandingan, Argentina kini harus berjuang keras untuk dapat menembus putaran kedua dan tersingkir di fase ini akan begitu memalukan bagi tim dengan level seperti mereka.

“Terdapat rasa malu, rasa sakit, untuk tidak memberikannya (prestasi) kepada rakyat Argentina. Sudah lama sejak saya merasa seperti ini, dan sekarang ini terjadi dengan kasus negara saya sendiri. Ini begitu menyakitkan,” tambah Sampaoli.

Argentina bermain imbang 1-1 dengan Islandia pada pertandingan pertama mereka, ketika Messi gagal mengonversi penalti, dan selanjutnya akan menghadapi Nigeria, yang kalah dari Kroasia pada pertandingan pembukaan, pada pertandingan terakhirnya di Grup D.

“Kami memiliki satu pertandingan tersisa, dan kami harus mengambil peluang apapun yang diberikan kepada kami untuk melihat apakah kami dapat melaju ke putaran kedua,” kata Sampaoli.

“Saya meminta maaf kepada semua penggemar yang telah berusaha untuk datang ke Rusia. Saya berbagi impian mereka. Saya melakukan yang terbaik semampu saya,” ucapnya.

Nigeria akan menghadapi Islandia di Volgograd pada Jumat. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pendidikan Untuk Merdeka

Pada saat pemimpin Jepang sudah memvisikan sebuah masyarakat baru Society 5.0, apakah kita saat ini, sebagai bangsa, sebagai ummat, berada pada jalur yang benar menuju puncak kejayaan menjadi bangsa yang berdaulat, adil dan makmur, serta cerdas?

Demikian Mudah Dikenali Sebagai Hoaks, Info 7 Kontainer Surat Suara Masih Telan “Korban”

Yang membuat saya heran, kenapa para politisi, terutama yang menyebarkan info hoaks ini di akun media sosial (walau dalam bentuk tanya sekalipun) tidak mengenali bahwa info ini adalah hoaks?

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close