Musyawarah Untuk Mengatasi Problematika Umat

2
239

Oleh: Luthfi Bashori

Bermusyawarah adalah jalan terbaik untuk mengatasi problematika umat Islam, Wasyaawirhum fil amr (ajaklah mereka bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah).

Musyawarah adalah saling memberi dan menerima, saling menyampaikan ide di antara anggota demi menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi bersama, hingga didapat solusi terbaik yang disepakati.

Banyak sekali probelmatika saat ini yang sedang dihadapi oleh umat Islam. Adakalanya problem yang datangnya dari intern umat Islam sendiri, namun tak jarang timbulnya problem karena serangan dari pihak luar Islam, atau pengaruh dari luar namun ditelan secara mentah-mentah oleh beberapa kalangan umat Islam. Maupun lemparan masalah dari pihak luar yang dipolitisi oleh pihak-pihak tertentu dari kalangan umat Islam, hingga bergulir menjadi problem yang melanda intern umat Islam.

Ibnu ‘Uyainah mengatakan, “Jika Rasulullah SAW menghendaki suatu kepentingan maka beliau SAW selalu bermusyawarah dengan sejumlah shahabat, bagaimana beliau SAW bermusyawarah dengan sesama manusia untuk (mendapat ridha) Tuhannya, padahal Dia Pengatur segala urusan manusia, tetapi beliau SAW sengaja bermusyawarah dengan sesamanya (untuk mengajari mereka), meskipun beliau SAW adalah seorang yang mengetahui segalanya dari Tuhannya.”

Sejatinya Rasulullah SAW adalah orang figur yang tingkat IQ-nya paling tinggi dan paling cerdas, bahkan beliau SAW adalah seorang hamba pilihan yang mendapatkan wahyu dari Allah, dan pasti setiap langkahnya tidak akan meleset, karena selalu dibimbing oleh wahyu. Akan tetapi beliau SAW sering mengajak para shahabatnya untuk bermusyawarah.

Maka langkah yang ditempuh beliau SAW ini tiada lain karena dalam rangka mendidik umatnya agar selalu bermusyawarah dalam banyak hal, apalagi musyawarah itu termasuk perintah Allah SWT, waamruhum syuuraa bainahum (dan urusan mereka hendaklah dimusyawarahkan di antara mereka).

Tidak ada ruginya orang yang bermusyawarah, karena bermusyawarah itu berfikir bersama dan akan menghasilkan keputusan bersama pula. Tentu akan berbeda hasil pemikiran satu orang dengan pemikiran beberapa orang. Dimanapun yang namanya musyawarah akan menghasilkan manfaat bagi banyak orang, apalagi jika bermusyawarah dengan orang yang berilmu dan shaleh serta ahli di bidang yang sedang dibahas.

*) KH. Luthfi Bashori, Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari Malang, yang juga Alumni Ma’had Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki di Makkah Al Mukarramah. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rais Syuriah MWC NU Singosari Malang merangkap sebagai Aktifis Komisi Hukum & Fatwa MUI Kab. Malang.

EDITOR: Iwan S

2 KOMENTAR

  1. Iya pak kyai, jangan seperti kejadian kemaren. Salah satu ormas membubarkan pengajian ustadz Basalamah di salah satu masjid. Kalau bermusyawarah/diskusi dengan baik, hal2 yg bisa membuat kondisi stabilitas keamanan kurang kondusif bisa di hindari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Polres Jember Tangkap Sindikat Pencuri Gula

JEMBER, SERUJI.CO.ID - Aparat Kepolisian Resor Jember menangkap lima tersangka yang diduga sebagai pelaku sindikat pencurian gula pasir saat melakukan aksinya di sebuah gudang...
bambang soesatyo

DPR Yakin Presiden Memahami Kebutuhan Gedung Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo meyakini Presiden Jokowi memahami kebutuhan DPR terkait gedung baru, meskipun kedua institusi tidak bertemu dan berbicara khusus...

Polresta Denpasar Tangkap Empat Tersangka Pengguna Narkoba

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Satuan Reserse Narkoba Polresta Denpasar, Bali, menangkap empat tersangka bernama Mus (36 tahun), Ang (49 tahun), Nur (27 tahun) dan WG (41...
Febri Diansyah

KPK Nyatakan Siap Bila Novanto Ajukan Banding

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menyatakan lembaganya siap jika Setya Novanto mengajukan banding terhadap putusan pengadilan dalam perkara...
bambang soesatyo

Masyarakat Diingatkan Cermat Terhadap Produk Investasi Ilegal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengingatkan masyarakat untuk lebih cermat dan waspada terhadap produk investasi tanpa izin yang dapat digunakan sebagai...
loading...