Musyawarah Untuk Mengatasi Problematika Umat

2
282

Oleh: Luthfi Bashori

Bermusyawarah adalah jalan terbaik untuk mengatasi problematika umat Islam, Wasyaawirhum fil amr (ajaklah mereka bermusyawarah dalam menyelesaikan masalah).

Musyawarah adalah saling memberi dan menerima, saling menyampaikan ide di antara anggota demi menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi bersama, hingga didapat solusi terbaik yang disepakati.

Banyak sekali probelmatika saat ini yang sedang dihadapi oleh umat Islam. Adakalanya problem yang datangnya dari intern umat Islam sendiri, namun tak jarang timbulnya problem karena serangan dari pihak luar Islam, atau pengaruh dari luar namun ditelan secara mentah-mentah oleh beberapa kalangan umat Islam. Maupun lemparan masalah dari pihak luar yang dipolitisi oleh pihak-pihak tertentu dari kalangan umat Islam, hingga bergulir menjadi problem yang melanda intern umat Islam.

Ibnu ‘Uyainah mengatakan, “Jika Rasulullah SAW menghendaki suatu kepentingan maka beliau SAW selalu bermusyawarah dengan sejumlah shahabat, bagaimana beliau SAW bermusyawarah dengan sesama manusia untuk (mendapat ridha) Tuhannya, padahal Dia Pengatur segala urusan manusia, tetapi beliau SAW sengaja bermusyawarah dengan sesamanya (untuk mengajari mereka), meskipun beliau SAW adalah seorang yang mengetahui segalanya dari Tuhannya.”

Sejatinya Rasulullah SAW adalah orang figur yang tingkat IQ-nya paling tinggi dan paling cerdas, bahkan beliau SAW adalah seorang hamba pilihan yang mendapatkan wahyu dari Allah, dan pasti setiap langkahnya tidak akan meleset, karena selalu dibimbing oleh wahyu. Akan tetapi beliau SAW sering mengajak para shahabatnya untuk bermusyawarah.

Maka langkah yang ditempuh beliau SAW ini tiada lain karena dalam rangka mendidik umatnya agar selalu bermusyawarah dalam banyak hal, apalagi musyawarah itu termasuk perintah Allah SWT, waamruhum syuuraa bainahum (dan urusan mereka hendaklah dimusyawarahkan di antara mereka).

Tidak ada ruginya orang yang bermusyawarah, karena bermusyawarah itu berfikir bersama dan akan menghasilkan keputusan bersama pula. Tentu akan berbeda hasil pemikiran satu orang dengan pemikiran beberapa orang. Dimanapun yang namanya musyawarah akan menghasilkan manfaat bagi banyak orang, apalagi jika bermusyawarah dengan orang yang berilmu dan shaleh serta ahli di bidang yang sedang dibahas.

*) KH. Luthfi Bashori, Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari Malang, yang juga Alumni Ma’had Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki di Makkah Al Mukarramah. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rais Syuriah MWC NU Singosari Malang merangkap sebagai Aktifis Komisi Hukum & Fatwa MUI Kab. Malang.

EDITOR: Iwan S

2 KOMENTAR

  1. Iya pak kyai, jangan seperti kejadian kemaren. Salah satu ormas membubarkan pengajian ustadz Basalamah di salah satu masjid. Kalau bermusyawarah/diskusi dengan baik, hal2 yg bisa membuat kondisi stabilitas keamanan kurang kondusif bisa di hindari.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...
loading...