Banyak yang mulai menyepelekan jalan kaki. Semua kebutuhan kini sudah diakomodir oleh kendaraan seperti motor dan mobil. Pedestrian di perkotaan juga makin sepi pejalan kaki.

“Sebaiknya jalan kaki harus kembali dijadikan kebiasaan. Misalnya jika jarak antara rumah dan kantor dekat, tak ada salahnya berjalan kaki. Atau, mencari tempat parkir yang jauh agar ada kesempatan untuk jalan kaki. Karena, jalan kaki sudah terbukti dapat meningkatkan kebugaran tubuh,” jelas dr Lukas Widhiyanto SpOT.

Karena itu, Lukas menyarankan agar tiap orang menyediakan waktu khusus untuk berjalan kaki. Sebab, ternyata aktivitas jalan kaki ini mempunyai berbagai manfaat, diantaranya:

1. Kebugaran Jantung

Olahraga ringan ini sesuai untuk siapa saja, dengan usia berapapun. Dengan berjalan kaki, ternyata dapat meningkatkan kebugaran jantung. Saat berjalan kaki, frekuensi detak jantung. Akhirnya jantung lebih terlatih.

2. Mencegah Osteoporosis

Foto. AP

Pada wanita, jalan kaki akan membuat tulang tidak mudah keropos. Karena orang yang tidak suka beraktivitas, maka tulang tidak terbiasa diberi beban, yang akan membuat tulang mudah keropos. Karena itu latihan berjalan akan membantu menjaga kesehatan tulang.

3. Bakar Kalori Lebih Cepat

Bagi Anda yang ingin berdiet, jalan kaki juga bisa menjadi pilihan. Berjalan kaki tentu bisa membakar kalori. Tinggal sesuaikan saja, jika ingin kalori yang dibakar lebih banyak, maka pilih rute jalan menanjak dan percepat jalan Anda (menjadi jalan cepat).

4. Menjaga Gula Darah

Jalan kaki juga disarankan untuk penderita DM (Diabetes Mellitus). Sehabis makan, biasanya penderita DM disarankan untuk jalan kaki, agar gula darah cepat diserap darah dan tidak terjadi pengendapan sehingga gula darah tidak meningkat.

5. Menyehatkan Sendi

Gerakan berjalan dapat membuat sendi lebih sehat. Gerakan yang teratur ini memberikan nutrisi pada tulang rawan, dengan begitu kondisi sendi akan menjadi baik.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Di saat berjalan kaki, organ jantungmu akan terpacu, sirkulasi darah akan lancar mengalir ke seluruh tubuh. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat level energi mulai naik dan begitu pula dengan semangat. Kedua hal tersebut kan membuat suasana hati yang lebih bahagia, tidur lebih nyenyak, serta kemampuan kontrol emosi yang lebih baik. Dan itu semua dapat mencegah penuaan dini.

7. Mengurangi Stres

Karena olahraga ini ringan, maka jalan kaki juga bisa bersifat me-refresh pikiran. Setelah stres memikirkan pekerjaan, berjalan kaki di ruang terbuka dengan menikmati suasana, tentu akan membuat pikiran lebih fresh.

 

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama