close

Tiga Kuliner Khas Solo yang Legendaris

Rasanya tak lengkap ke Solo jika belum makan kuliner-kuliner ini.

SERUJI.CO.ID – Setelah berburu tempat wisata di Solo tentu membuat perut terasa lapar. Jangan sampai melewatkan kuliner khas Solo yang unik dan legendaris ini.

1
Selat Solo

Selat Solo adalah kuliner wajib yang harus anda incipi saat berada di kota ini. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi yang rasanya menyerupai steak, telur rebus, potongan buncis, wortel dan kentang, yang disiram kuah semur.

Kata selat sendiri konon berasal dari lafal Jawa untuk mengartikan slaatje dari Bahasa Belanda yang berarti salad.

Kisah dibalik menu ini juga cukup menarik. Pada jaman dahulu, warga Solo tertarik dengan salap ala bangsa Belanda. Namun karena lidah mereka tidak terbiasa dengan citarasa Eropa, akhirnya atas inisiatif warga Solo pun membuat salad versi mereka.

2
Timlo

Timlo adalah menu khas Kota Solo yang berisi daging ayam, ati ampela, sosis goreng dan telur pindang. Sosis goreng yang ada didalamnya, bukan sembarang sosis, melainkan daging sapi yang dibalut kulit lumpia kemudian digoreng.

3
Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang bentuk penyajiannya berupa tulang-belulang yang masih ditempeli sedikit daging. Bumbunya yang kuat membuat sajian ini semakin menggoda untuk dicoba.

Bagaimana, menu mana yang akan anda coba terlebih dahulu? (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar