close

Tiga Kuliner Khas Solo yang Legendaris

Rasanya tak lengkap ke Solo jika belum makan kuliner-kuliner ini.

SERUJI.CO.ID – Setelah berburu tempat wisata di Solo tentu membuat perut terasa lapar. Jangan sampai melewatkan kuliner khas Solo yang unik dan legendaris ini.

1
Selat Solo

Selat Solo adalah kuliner wajib yang harus anda incipi saat berada di kota ini. Makanan ini terdiri dari irisan daging sapi yang rasanya menyerupai steak, telur rebus, potongan buncis, wortel dan kentang, yang disiram kuah semur.

Kata selat sendiri konon berasal dari lafal Jawa untuk mengartikan slaatje dari Bahasa Belanda yang berarti salad.

Kisah dibalik menu ini juga cukup menarik. Pada jaman dahulu, warga Solo tertarik dengan salap ala bangsa Belanda. Namun karena lidah mereka tidak terbiasa dengan citarasa Eropa, akhirnya atas inisiatif warga Solo pun membuat salad versi mereka.

2
Timlo

Timlo adalah menu khas Kota Solo yang berisi daging ayam, ati ampela, sosis goreng dan telur pindang. Sosis goreng yang ada didalamnya, bukan sembarang sosis, melainkan daging sapi yang dibalut kulit lumpia kemudian digoreng.

3
Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas Solo yang bentuk penyajiannya berupa tulang-belulang yang masih ditempeli sedikit daging. Bumbunya yang kuat membuat sajian ini semakin menggoda untuk dicoba.

Bagaimana, menu mana yang akan anda coba terlebih dahulu? (Nia)
Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?