Di dalam diri Rasulullah Saw terdapat teladan yang mulia. Salah satunya mengenai kemesraan beliau terhadap istrinya. Sebagai seorang suami, beliau tidak pelit untuk memuji maupun memberi kecupan hingga hadiah terhadap istrinya.

Kepada istrinya, Aisyah, ia memanggil dengan panggilan sayang “Humaira” artinya, “Wahai si pipi kemerah-merahan”

Beliau tahu betul bagaimana cara menyayangi dan mencintai istrinya. Salah satunya dengan meluangkan waktu untuk bermanja-manja dengan istrinya. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Rasulullah Saw selalu berpegangan tangan dengan Aisyah ketika di dalam rumah. Memang terkesan sederhana, namun hal itu membuat Aisyah nyaman. Tak hanya itu saja, beliau juga acapkali memotong kuku istrinya, pergi berdua hingga mandi bersama.

Baginda Nabi Saw juga memanggil istri-istrinya dengan panggilan yang menyenangkan. Kepada istrinya, Aisyah, ia memanggil dengan panggilan sayang “Humaira” artinya, “Wahai si pipi kemerah-merahan”. Panggilan tersebut benar-benar mampu membuat pipi Aisyah bersemu merah jambu, malu, dan salah tingkah.

MENCIUM KENING

Di antara sisi romantis Rasulullah Saw lainnya adalah mencium istrinya sebelum keluar untuk shalat. Aisyah Ra berkata, “Bahwa Nabi Saw mencium sebagian istrinya, kemudian keluar menunaikan shalat tanpa berwudu dahulu,” (HR Ahmad).

Rasulullah juga pandai mencuri perhatian istrinya. Saat istrinya tersulut kemarahan, ia bisa meredakan kemarahan itu dengan cara yang romantis. Suatu hari Aisyah sedang marah, tanpa disangka, Rasul datang dan memijit-mijit hidung Aisyah sambil berkata, “Wahai Aisya, bacalah doa, ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan’,” (HR Ibnu Sunni).

SEPIRING BERDUA

Keromantisan Rasul juga terlihat saat beliau makan bersama dengan istrinya. Rasulullah Saw tanpa merasa risih atau jijik juga minum dengan gelas yang sama untuk minum istrinya. Pada suatu hari, saat Aisyah tengah haid (datang bulan). Keduanya lantas makan sepiring berdua. Aisyah kemudian minum terlebih dahulu, kemudian Rasul minum di gelas yang sama dipakai istrinya.

Aisyah Ra berkata, “Aku biasa minum dari gelas yang sama ketika haid, lalu Nabi Saw mengambil gelas tersebut dan meletakkan mulutnya di tempat aku meletakkan mulut, lalu beliau minum,” (HR Abdurrozaq).

MEMBERI CINCIN

Salah satu keromatisan Rasul yang lain adalah memberikan hadiah kepada istrinya. Salah satunya memberikan cincin. Diceritakan, pada suatu hari istri-istri Rasul berkumpul ke hadapan suaminya dan bertanya, “Diantara istri-istri Rasul, siapakah yang paling disayangi?”

Rasulullah Saw hanya tersenyum, lalu berkata, “Aku akan beritahukan kepada kalian nanti”.

Setelah itu, dalam kesempatan yang berbeda, Rasulullah memberikan sebuah hadiah kepada istri-istrinya. Masing-masing sebuah cincin yang indah, sambil berpesan agar tidak memberitahu kepada istri-istri yang lain.

Lalu suatu hari para istri Rasulullah Saw itu berkumpul lagi dan mengajukan pertanyaan yang sama. Lalu Rasulullah Saw menjawab, “Yang paling aku sayangi adalah yang kuberikan cincin kepadanya”.

HATI YANG TULUS

Kemudian, istri-istri Nabi Saw itu tersenyum bahagia dan puas karena menyangka hanya dirinya saja yang mendapat cincin dan merasakan bahwa dirinya tidak terasing. Dalam melayani istri, Rasulullah Saw juga senantiasa melakukannya dengan hati tulus. Seperti yang beliau lakukan kepada istrinya yang bernama Shafiah bin Huyai. Ketika Rasul akan menaklukkan Benteng Khaibar, datanglah sebuah kabar kepada beliau tentang suami wafat di Perang Khaibar.

Beliau kemudian datang meminang Shafiah bin Huyai untuk dijadikan sebagai istri. Lantas beliau mengajak Shafiah pulang menuju Madinah. Rasul lantas menghias untanya. Beliau mempersiapkan kelambu di atas unta untuk istrinya.

Tak hanya itu, saat Shafiah hendak naik unta, beliau duduk di dekat unta tersebut lalu meletakkan lutut. Kemudian mempersilahkan Shafiah menginjakkan kakinya di atas lutut beliau untuk naik di atas unta.

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
menhub

Menhub: Cuaca Buruk Belum Mempengaruhi Sektor Penerbangan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan sektor penerbangan belum terpengaruh kondisi cuaca buruk seperti yang dialami sektor pelayaran, meskipun kewaspadaan tetap...
tewas

Karena Kecelakaan Mobil, Pilot Lion Air Dimakamkan di Madinah

SERANG, SERUJI.CO.ID - Pilot Lion Air Captain Bambang Sugiri yang meninggal karena kecelakaan mobil di Arab Saudi, Sabtu (21/7), akan dimakamkan di Madinah pada...
Tahanan kabur

Dua dari 31 Orang Napi Lapas Doyo Yang Kabur Telah Diamankan

SENTANI, SERUJI.CO.ID - Kapolres Jayapura AKBP Victor Mackbon mengatakan jumlah narapidana yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Doyo Baru, Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura,...

Untuk Asian Games, PSSI Miliki Dua Bus Baru

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memiliki dua unit bus baru sebagai moda transportasi tim nasional sepak bola Indonesia menjelang bergulirnya...

Dirjen PAS: OTT di Sukamiskin Masalah Serius dan Tak Terduga

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami mengatakan kejadian Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas)...
loading...