Foto. ilustrasi

Aisyah merupakan tokoh muslimah yang cerdas. Hal ini dibuktikan dengann banyaknya hadis yang diriwayatkannya. Tidak hanya itu saja, dia menjadi guru bagi umat Islam selepas wafatnya Rasulullah.

Aisyah binti Abu Bakar merupakan satu-satunya istri Rasulullah yang masih gadis ketika dinikahi oleh Nabi Muhammad. Selain masih muda, kelebihan lain dari Aisyah adalah sosok wanita yang smart. Selain itu, semasa Nabi, Aisyah banyak sekali mendampingi Rasulullah, sehingga tidak sedikit hadis yang diriwayatkan olehnya. Berikut ini ini kelebihan Aisyah sebagai sosok wanita yang luar biasa.

PERAWI HADIS

Kedekatannya bersama Rasulullah membuat Aisyah lebih sering berinteraksi bersama Nabi sehingga dia banyak sekali meriwayatkan hadis yang menjadi salah satu sumber hukum Islam. Hadis-hadis yang banyak diriwayatka oleh Aisyah adalah hadis tentang peribadatan serta masalah keluarga, terutama hal-hal yang sifatnya privat yang jarang dishare kepada sahabat lainnya. seperti bagaimana Rasulullah memperlakukan istrinya. Apa saja yang dilarang dan diperbolehkan hubungan antra suami istri.

Selain itu, Aisya juga banyak meriwayatkan tentang hadis seputar ibadah Rasulullah. Seperti salah satu hadisnya yang memberikan keterangna bahwa Rasulullah tidak pernah shalat malam melebihi 11 rakaat seta hadis-hadis lainnya.

TEMPAT BERDISKUSI

Meskipun masih muda, Aisyah terkenal sebagai soosk yang cerdas serta bijaksana. Sehingga tidak heran jika para sahabat wanita banyak berdiskusi denga Aisyah. Mereka lebih merasa nyaman ketika mendiskusikannya dengna Aisyah terutama hal-hal yang berbau kewanitaan. Serta tidak sedikit kaum wanita nonmuslim saat itu yang berdiskusi dengannya.

PANGLIMA PERANG

Tidak hanya di bidang keilmuan saja Aisyah diandalkan, namun dia juga pernah menjadi seorang panglima peranng yang disegani, yaitu pada Perang Jamal. Dia memimpin pasukan ketika terjadi perselisihan dengan Ali bin Abi Thalib. Meskipun perang tersebut akhirnya menimbulkan kontroversi.

SANTUN & PEMURAH

Kecerdasan serta kecantikan Aisyah tidak membuatnya hidup sombong. Sebaliknya, umul mukminin satu ini dikenal sebagai sosok pelindung serta pemurah. Sebagai istri kesayangan Rasulullah, tentunya dapat membuatnya mendapatkan fasilitas lebih. Namun hal ini tidak pernah dilakukaknnya.

Bahkan, semasa Khalifah Usman bin Affan, para umul mukminin mendapatkan jatah logistik yang lebih dari cukup. Semua itu diterima oleh Aisyah, namuan semua harta itu tidak sampai bertahan satu malam di rumahnya. Semua harta pemberian itu langsung disedekahkan kepada fakir miskin. Bahkan pernah suatu kali, saat Ramadan, dia mendapatkan kiriman logistik. Namun sebelum dia berbuka, semua logostik itu sudah disedekahkan kembali kepada yang lebih membutuhkannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Tunjuk Subangkit Latih Tim U-19

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menunjuk mantan pelatih tim senior Subangkit untuk mengarsiteki Tim Under-19 musim kompetisi 2018. Direktur Pengembangan Sriwijaya FC Bambang Supriyanto di Palembang,...

Arus Balik di Bandara Sultan Mahmud Badarudin Melonjak

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pengguna jasa angkutan udara di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badarudin II Palembang, Sumatera Selatan pada arus balik tiga hari setelah Hari Raya...
Kecelakaan

Mobil Dinas Bawa 10 Penumpang Masuk Jurang

PARIGI, SERUJI.CO.ID - Salah satu mobil dinas milik Kanwil Kementerian Agama Sulawesi Tengah masuk ke jurang di kilometer 11 ruas Toboli-Tawaeli, Kabupaten Parigi Moutong,...
Orang tenggelam

Pengunjung Dilarang Berenang di Pantai Mukomuko

MUKOMUKO, SERUJI.CO.ID -  Warga yang berkunjung ke objek wisata pantai dan danau di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, pada libur Idul Fitri 1439 hijriah diimbau tidak...
tenggelam

Dua Wisatawan Hilang Tenggelam di Laut Selatan Sukabumi

SUKABUMI, SERUJI.CO.ID -  Dua wisatawan yang tengah berlibur di laut selatan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat di dua lokasi berbeda hilang tenggelam saat sedang berenang bersama...
loading...