close

Mengenal Apa Itu Ginekomastia Pada Pria

Meski kondisi ini tidak berbahaya, namun tak ada salahnya konsultasi dengan dokter apabila timbul rasa sakit di sekitar payudara.

SERUJI.CO.ID – Secara umum ginekomastia adalah pertumbuhan payudara yang abnormal pada pria, karena kelainan hormon estrogen dan testosteron. Kelainan kedua hormon tersebut menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara secara berlebihan.

Ginekomastia sebenarnya bukan masalah yang cukup serius. Hanya saja, pembesaran payudara tak sedikit membuat pria menjadi tidak nyaman.

Kondisi ini rentan terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir, anak laki-laki usia 12 hingga 16 tahun dan pria usia lanjut.

 

Umumnya gejala ginekomastia selain ukuran payudara yang lebih besar ketimbang laki-laki pada umumnya adalah, adanya jaringan yang mengeras dan meradang di bawah puting. Kondisi itu dapat dirasakan langsung oleh tangan.

Meski tidak berbahaya, anda perlu waspada jika payudara juga terasa sakit di salah satu atau keduanya. Selain itu, indikasi bahaya lain adalah keluar cairan dari puting. Segera menghubungi dokter untuk dilakukan penanganan medis, dan konsultasi lebih terarah.

Penyebab ginekomastia ini beragam. Pria yang lebih sering olahraga gym dan mengonsumsi obat perangsang otot, lebih mudah memiliki kondisi ginekomastia.

Selain itu makanan berbahan dasar kedelai, seperti susu, tahu, tempe dan kecap, juga memicu tumbuhnya payudara pada pria. Ini karena kedelai mengandung banyak hormon estrogen. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar