close

Mengenal Apa Itu Ginekomastia Pada Pria

Meski kondisi ini tidak berbahaya, namun tak ada salahnya konsultasi dengan dokter apabila timbul rasa sakit di sekitar payudara.

SERUJI.CO.ID – Secara umum ginekomastia adalah pertumbuhan payudara yang abnormal pada pria, karena kelainan hormon estrogen dan testosteron. Kelainan kedua hormon tersebut menyebabkan pertumbuhan jaringan payudara secara berlebihan.

Ginekomastia sebenarnya bukan masalah yang cukup serius. Hanya saja, pembesaran payudara tak sedikit membuat pria menjadi tidak nyaman.

Kondisi ini rentan terjadi pada bayi laki-laki yang baru lahir, anak laki-laki usia 12 hingga 16 tahun dan pria usia lanjut.

 

Umumnya gejala ginekomastia selain ukuran payudara yang lebih besar ketimbang laki-laki pada umumnya adalah, adanya jaringan yang mengeras dan meradang di bawah puting. Kondisi itu dapat dirasakan langsung oleh tangan.

Meski tidak berbahaya, anda perlu waspada jika payudara juga terasa sakit di salah satu atau keduanya. Selain itu, indikasi bahaya lain adalah keluar cairan dari puting. Segera menghubungi dokter untuk dilakukan penanganan medis, dan konsultasi lebih terarah.

Penyebab ginekomastia ini beragam. Pria yang lebih sering olahraga gym dan mengonsumsi obat perangsang otot, lebih mudah memiliki kondisi ginekomastia.

Selain itu makanan berbahan dasar kedelai, seperti susu, tahu, tempe dan kecap, juga memicu tumbuhnya payudara pada pria. Ini karena kedelai mengandung banyak hormon estrogen. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ternyata Kuning Telur Bisa Membuat Rambut Kuat dan Lebat! Selamat Tinggal Rambut Rontok!

Merawat rambut dengan bahan alami adalah solusi. Coba dengan kuning telur.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Anak-Anak

Tak hanya untuk orang dewasa, buah alpukat juga kaya manfaat untuk anak-anak.

4 Makanan Super Yang Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Rambut rontok dan tipis bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya bisa jadi karena Anda kekurangan gizi yang terdapat dalam makanan ini.

Terapkan Cara Ini Agar Rambut Tipis Tak Semakin Kering dan Rapuh

Perawatan untuk rambut tipis memang tidak bisa sembarangan.

Mengupas Manfaat Kulit Timun Untuk Tubuh Manusia

Jika sudah membaca artikel ini, anda tak lagi membuang kulit timun cuma-cuma

Batasi Jumlah Gula Per Hari, Kalau Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Mulai sekarang, batasi konsumsi gula agar tidak menjadi masalah baru kesehatan anda.