Kenali Gejala Awal Tanda Kanker Payudara

Data WHO menyebutkan, jenis kanker paling mematikan dengan tingkat kematian tertinggi pada wanita adalah kanker payudara.

SERUJI.CO.ID – Benjolan pada payudara merupakan gejala umum dari kanker payudara. Umumnya, ciri-ciri benjolan yang menandakan indikasi kanker payudara adalah saat dipegang akan terasa keras.

Selain itu batas permukaan benjolan pun tidak merata. Bila benjolan berada dekat dengan puting, akan menyebabkan puting tertarik ke dalam dan agak lengket. Biasanya ini terjadi 8 hingga 10 hari setelah menstruasi.

Selain benjolan, ada tanda dan ciri lain yang mengindikasi adanya kanker payudara stadium awal yaitu berubahnya ukuran, bentuk atau tampilan puting, rasa sakit yang tak kunjung hilang padahal sudah melewati siklus haid.

 

Baca juga: Kandungan Buah Bit Membantu Mengobati Kanker

Puting mengeluarkan cairan bening, yang berwarna cokelat atau kuning. Tiba-tiba puting akan membengkak dan berwarna merah tanpa sebab yang pasti. Selain di sekitar payudara, perhatikan juga bagian di sekitar ketiak.

Bengkak yang ada di sekitar ketiak bisa jadi karena pembesaran kelenjar getah bening di area tersebut. Pembuluh vena akan terlihat pada sekitar payudara, kemudian urat-urat di bagian payudara juga akan terlihat jelas.

Apabila anda merasakan hal seperti itu pada payudara anda, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapat penanganan tepat. Sebelum sel kanker menyebar dan menggerogoti organ tubuh bagian lain. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.