close

Kenali Gejala Awal Tanda Kanker Payudara

Data WHO menyebutkan, jenis kanker paling mematikan dengan tingkat kematian tertinggi pada wanita adalah kanker payudara.

SERUJI.CO.ID – Benjolan pada payudara merupakan gejala umum dari kanker payudara. Umumnya, ciri-ciri benjolan yang menandakan indikasi kanker payudara adalah saat dipegang akan terasa keras.

Selain itu batas permukaan benjolan pun tidak merata. Bila benjolan berada dekat dengan puting, akan menyebabkan puting tertarik ke dalam dan agak lengket. Biasanya ini terjadi 8 hingga 10 hari setelah menstruasi.

Selain benjolan, ada tanda dan ciri lain yang mengindikasi adanya kanker payudara stadium awal yaitu berubahnya ukuran, bentuk atau tampilan puting, rasa sakit yang tak kunjung hilang padahal sudah melewati siklus haid.

 

Baca juga: Kandungan Buah Bit Membantu Mengobati Kanker

Puting mengeluarkan cairan bening, yang berwarna cokelat atau kuning. Tiba-tiba puting akan membengkak dan berwarna merah tanpa sebab yang pasti. Selain di sekitar payudara, perhatikan juga bagian di sekitar ketiak.

Bengkak yang ada di sekitar ketiak bisa jadi karena pembesaran kelenjar getah bening di area tersebut. Pembuluh vena akan terlihat pada sekitar payudara, kemudian urat-urat di bagian payudara juga akan terlihat jelas.

Apabila anda merasakan hal seperti itu pada payudara anda, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter agar segera mendapat penanganan tepat. Sebelum sel kanker menyebar dan menggerogoti organ tubuh bagian lain. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Ternyata Kuning Telur Bisa Membuat Rambut Kuat dan Lebat! Selamat Tinggal Rambut Rontok!

Merawat rambut dengan bahan alami adalah solusi. Coba dengan kuning telur.

Manfaat Buah Alpukat Untuk Anak-Anak

Tak hanya untuk orang dewasa, buah alpukat juga kaya manfaat untuk anak-anak.

4 Makanan Super Yang Bagus Untuk Kesehatan Rambut

Rambut rontok dan tipis bisa disebabkan oleh banyak hal. Salah satunya bisa jadi karena Anda kekurangan gizi yang terdapat dalam makanan ini.

Terapkan Cara Ini Agar Rambut Tipis Tak Semakin Kering dan Rapuh

Perawatan untuk rambut tipis memang tidak bisa sembarangan.

Mengupas Manfaat Kulit Timun Untuk Tubuh Manusia

Jika sudah membaca artikel ini, anda tak lagi membuang kulit timun cuma-cuma

Batasi Jumlah Gula Per Hari, Kalau Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Mulai sekarang, batasi konsumsi gula agar tidak menjadi masalah baru kesehatan anda.