close

Jangan Terlalu Sering Mengonsumsi Mayonaise Yang Dijual Bebas, Ini Sebabnya!

Kini saatnya membuat mayonaise sendiri, lebih lezat dan aman.

SERUJI.CO.ID – Konsumsi mayonaise yang banyak beredar di pasaran secara berlebihan, memang tidak bagus untuk kesehatan. Sebab, nutrisi yang terkandung di dalam mayonaise sangat sedikit. Sehingga tidak direkomendasikan, terutama bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Mayonaise mengandung asam lemak omega 6. Kandungan ini sebenarnya bagus untuk tubuh, sayang jumlah yang berlebihan tanpa diimbangi dengan keberadaan asam lemak omega 3, dapat menyebabkan berbagai resiko penyakit jantung, memicu kanker, diabetes tipe 2, osteoporosis dan nyeri sendi.

Tak hanya itu, mayonaise yang beredar di pasaran biasanya mengandung banyak gula. Hal itu juga berlaku dengan mayonaise rendah lemak. Tak hanya itu, tambahan bahan kimia lain seperti zat pengawet, MSG dan lain sebagainya, membuat jenis saus-sausan ini semakin tidak layak dikonsumsi berlebihan.

 

Efek sederhana yang muncul cepat biasanya nyeri kepala, mual dan badan terasa lemas. Sebaiknya buat sendiri mayonaise dengan bahan yang aman, dan tidak mengandung tambahan bahan kimia.

Caranya cukup mudah, siapkan 1 butir telur ayam, 250 minyak sayur, 2 sendok teh air jeruk nipis, 1 sendok teh cuka putih dan garam secukupnya. Anda juga bisa menambahkan merica, peterseli dan bawang bombay agar rasa semakin kaya.

Cara membuatnya, pertama masukan putih dan kuning telur ke dalam wadah. Kemudian masukan air jeruk nipis, cuka dan garam. Masukkan minyak sayur, kemudian kocok dengan mixer. Apabila anda tidak punya, bisa mengocoknya dengan pengocok telur biasa.

Kocok terus sampai adonan berubah warna menjadi putih dan mengental. Simpan dalam wadah tertutup dan letakkan dalam lemari es. Mayonaise alami ini bisa bertahan selama 1 minggu. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI