Gejala Leukimia Yang Perlu Diketahui

Leukemia adalah salah satu dari sepuluh pembunuh teratas di dunia. Apabila gejala ini mulai terasa, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

SERUJI.CO.ID – Awan duka bergelayut menyelimuti dunia hiburan tanah air. Dua hari lalu (28/11), Ibunda presenter Ayu Dewi dikabarkan meninggal dunia karena sakit. Dikabarkan pula, sang ibu juga telah lama mengidap leukimia.

Leukemia atau biasa disebut kanker sel darah putih. Tak hanya menyerang orang dewasa melainkan juga anak-anak. Sel darah yang bertugas melawan infeksi, akan terhenti pada penderita Leukimia.

Sumsum tulang pasien juga tidak mampu memproduksi sel-sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh. Lalu, apa saja gejala leukimia yang perlu diketahui? Berikut penjelasannya.

Mudah Lelah

 

Patut diwaspadai ketika seseorang mudah lelah, meski aktivitas tidak terlalu padat. Bisa jadi, ini salah satu tanda awal leukimia. Hal ini terjadi karena penderita leukimia mulai kekurangan darah.

Muncul Memar

Perhatikan permukaan kulit anda. Apabila tidak terbentur namun muncul memar, bisa jadi itu adalah tanda leukimia. Trombosit yang rendah memicu munculnya memar dan bintik-bintik merah.

Pucat

Leukimia dapat menghambat produksi sel darah merah di sumsum tulang belakang. Selain tubuh mudah merasa lelah, pasien juga mudah terserang anemia hingga membuat kulit terlihat pucat. Tak hanya itu, tangan juga terasa dingin sepanjang hari padahal suhu ruangan sedang normal.

Mudah Terinfeksi

Pada dasarnya sel darah berfungi melawan infeksi, sehingga sistem kekebalan tubuh pun meningkat. Apabila terdapat leukimia, maka sel darah tersebut akan kacau dan fungsinya melawan infeksi berkurang. Hal ini membuat pasien menjadi mudah terinfeksi.

Sesak Napas

Pasien leukimia akan merasa sesak napas. Apabila anda mulai merasa mudah lelah dan sesak napas, ada baiknya segera menghubungi dokter untuk dilakukan pengecekan darah melalui laboratorium. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...