MENU

Deretan Fakta Yang Perlu Anda Tahu Tentang Mouthwash

Ternyata pemakaian mouthwash tidak boleh terlalu sering. Overdosis obat kumur justru dapat menimbulkan masalah baru.

SERUJI.CO.ID – Sikat gigi dua kali sehari nyatanya hanya mampu membersihkan gigi sebayak 25% saja. Nyatanya, 75% kuman berada di sela gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat gigi.

Tak heran jika orang juga menggunakan cairanĀ mouthwash atau obat kumur, guna membersihkan daerah yang tak terjangkau sikat gigi.

Pemakaian obat kumur pun tak bisa sembarangan. Pastikan anda berkumur dengan cairanĀ mouthwash setelah sikat gigi. Ini karena cairan obat kumur bertugas menyempurnakan proses pembersihan gigi dan mulut, setelah adanya tahapan pertama yakni sikat gigi.

 

Pengunaan obat kumur pun juga perlu diperhatikan dosisnya. Jangan sampai digunakan secara berlebihan. Sebab, apabila digunakan secara berlebihan, kandungan alkohol dalam obat kumur dapat membuat mulut kering hingga memicu kehadiran sariawan.

Dampak lain akibat overdosis obat kumur adalah dapat membuat bakteri di dalam mulut menjadi kebal terhadap obat atau resistensi bakteri. Hal ini membuat bakteri akan terus tumbuh dan berkembang biak dalam mulut.

Takaran yang pas adalah tuang obat kumur maksimal 20 ml. Lalu masukan ke dalam mulut, kumur ke bagian kanan dan kiri, kemudian mendongak ke atas tanpa menelan cairan, selama 20 hingga 30 detik. Kemudian keluarkan cairan dari mulut.

Fakta lain dari obat kumur adalah, dapat melindungi area mulut selama 12 jam. Oleh karena itu, sebaiknya berkumur 2 kali sehari. Yakni setelah sikat gigi pagi dan sore. Penggunaan obat kumur tidak dianjurkan lebih dari 2 kali sehari, karena masuk dalam kategori overdosis.

Sama halnya dengan sikat gigi, berkumur juga harus rutin setiap hari. Agar proses pembersihan mulut maksimal. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU