Batasi Jumlah Gula Per Hari, Kalau Tak Mau Terserang Penyakit Ini

Gula memang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi. Tapi jika terlalu berlebihan, akan mengalami penyakit ini.

SERUJI.CO.ID – Gula memang tak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Selain sebagai pemanis di minuman, gula juga sering digunakan untuk menambah kesedapan sebuah masakan.

Masalahnya, terlalu sering mengonsumsi gula juga akan menimbulkan masalah baru bagi tubuh. Selain diabetes, ada ancaman penyakit lain yang bisa menghantui karena terlalu sering mengonsumsi gula:

1
Penyakit Jantung

Terlalu sering mengonsumsi gula dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jumlah berlebihan gula yang masuk ke dalam tubuh, dapat membuat hati bekerja lebih keras. Karena hati selama ini bertugas memetabolisme gula dengan mengubah karbohidrat menjadi lemak.

Apabila konsumsi gula masih terus berlebih, menyebabkan lemak menumpuk dalam hati dan menghasilkan kondisi perlemakan hati. Perlemakan inilah yang dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit jantung.

2
Obesitas

Sudah tentu obesitas menjadi dampak akibat terlalu berlebihan mengonsumsi gula. Kalori dalam makanan atau minuman yang mengandung gula cukup tinggi. Semakin sering konsumsi makanan atau minuman manis, semakin banyak pula kalori yang masuk dalam tubuh.

Konsumsi gula juga membuat nafsu makan meningkat dan ingin terus mengonsumsi makanan manis lain. Hal tersebut terus menerus dilakukan dan tanpa sadar, kalori dalam tubuh sudah melebihi batas ambang normal.

Hal ini membuat lemak dalam tubuh terus bertambah dan membuat anda menjadi obesitas.

3
Hiperglikemia

Hiperglikemia adalah salah satu penyakit imbas dari komplikasi diabetes. Kondisi ini termasuk masalah kesehatan fatal karena bisa menyebabkan komplikasi pada mata, ginjal, saraf dan jantung.

Hiperglikemia ini bisa disebabkan makanan yang tidak terjaga, kurang gerak dan juga kurang olahraga. Jika sudah memiliki penyakit ini, sebaiknya disiplin mematuhi anjuran dokter dan rutin melakukan kontrol.

4
Alzheimer

Penyakit degeneratif ini mengakibatkan hilangnya neuron dan sinapsis secara bertahap, hingga membuat si penderita mengalami penurunan daya ingat, dan kurangnya kemampuan berpikir.

Lalu apa hubungannya alzheimer dengan konsumsi gula berlebih?

Kelebihan glukosa dapat merusak enzim penting dalam otak yang dapat membuat sel otak mengalami peradangan. Kondisi ini jika terus dibiarkan dapat berujung pada alzheimer.

Agar penyakit tersebut tidak datang, sebaiknya anda mulai membatasi konsumsi gula. Dalam satu hari, cukup konsumsi 50 gram gula saja, atau setara dengan 5 – 9 sendok teh. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...