Awas, Makanan Terlalu Pedas Bisa Melukai Anda

Makanan pedas kini banyak digemari. Bahkan pebisnis kulliner tak segan membuat tingkat kepedasan pada menu yang ditawarkan.

SERUJI.CO.ID – Entah semenjak kapan, kuliner citra rasa pedas mulai banyak digandrungi kaum milenial. Para penggiat bisnis kuliner pun tak henti-hentinya berinovasi menciptakan menu dengan level kepedasan tertentu.

Tahukah anda, sebenarnya pedas bukanlah rasa yang muncul akibat konsumsi cabai terlalu banyak. Melainkan pedas adalah sensasi, yang muncul karena zat kimia bernama capcaisin.

Sensasi ini tidak terlalu menimbulkan masalah apabila dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Namun jika terlalu banyak, akan menjadi bumerang dan menimbulkan masalah baru bagi tubuh.

 

Munculnya rasa mulas dan nyeri, adalah gejala awal yang timbul karena sensasi ini. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung, akibatnya dinding lambung menjadi iritasi.

Pergerakan di usus juga semakin cepat dan menyebabkan terjadinya diare. Makanan pedas yang berada di usus besar, memiliki efek iritasi pada usus. Jika sudah berurusan dengan perut, dampak jangka panjang dari seringnya mengonsumsi makanan pedas adalah lambung yang terluka.

Makanan pedas juga bisa memicu insomnia. Ini karena suhu tubuh yang meningkat saat makan pedas. Penelitian menyebutkan, makanan pedas dapat mengaktifkan hormon kimia yang membuat anda terjaga saat malam. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI

Inilah Lokasi Coto Terenak di Kota Makassar

Lokasi coto terenak di Kota Makassar... catat jika anda berkunjung ke Kota Daeng ini.

Melancong ke Kota Daeng, Jangan Lupa Coto Makassar

Jalan-jalan ke Makassar belum lengkap jika belum cicipi keenakan coto Makassar. Catat inilah lokasinya.

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

Facebook Akan Satukan Tiga Platform Messenger Miliknya

Rencana Facebook itu disampaikan oleh CEO Mark Zuckerberg. Proses itu akan melibatkan pengkodean ulang perangkat lunak dasar dari tiga aplikasi untuk memastikan mereka bisa dioperasikan sesuai rencana.

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.