close

Awas, Makanan Terlalu Pedas Bisa Melukai Anda

Makanan pedas kini banyak digemari. Bahkan pebisnis kulliner tak segan membuat tingkat kepedasan pada menu yang ditawarkan.

SERUJI.CO.ID – Entah semenjak kapan, kuliner citra rasa pedas mulai banyak digandrungi kaum milenial. Para penggiat bisnis kuliner pun tak henti-hentinya berinovasi menciptakan menu dengan level kepedasan tertentu.

Tahukah anda, sebenarnya pedas bukanlah rasa yang muncul akibat konsumsi cabai terlalu banyak. Melainkan pedas adalah sensasi, yang muncul karena zat kimia bernama capcaisin.

Sensasi ini tidak terlalu menimbulkan masalah apabila dikonsumsi dalam kadar yang tepat. Namun jika terlalu banyak, akan menjadi bumerang dan menimbulkan masalah baru bagi tubuh.

 

Munculnya rasa mulas dan nyeri, adalah gejala awal yang timbul karena sensasi ini. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung, akibatnya dinding lambung menjadi iritasi.

Pergerakan di usus juga semakin cepat dan menyebabkan terjadinya diare. Makanan pedas yang berada di usus besar, memiliki efek iritasi pada usus. Jika sudah berurusan dengan perut, dampak jangka panjang dari seringnya mengonsumsi makanan pedas adalah lambung yang terluka.

Makanan pedas juga bisa memicu insomnia. Ini karena suhu tubuh yang meningkat saat makan pedas. Penelitian menyebutkan, makanan pedas dapat mengaktifkan hormon kimia yang membuat anda terjaga saat malam. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Samuel Wattimena: Kain Tenun Khas Bima Disukai Turis Mancanegara

Desainer yang pernah bersama wartawan SERUJI dipercaya jadi juri Festival Film Usmar Ismail di Jakarta ini menuturkan bahwa Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta ia terus mempromosikan tenun Bima.

Semarakan HUT Kota Kendari di Bulan Mei, Nissa Sabyan Akan Hibur Para Penggemar

Dihubungi SERUJI pertelepon, Rabu (10/4) pagi, gadis kelahiran Lumajang, Jatim, 19 tahun silam ini mengaku banyak sohib di Sulawesi Tenggara, khususnya di kawasan Kota Kendari.

Dari 2015 Terus Naik Peringkat, Indonesia Ditetapkan Sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia 2019

Indonesia tercatat mengalami peningkatan secara berjenjang dari ranking 6 di tahun 2015, ranking 4 di tahun 2016, ranking 3 di tahun 2017, ranking 2 di ranking 2018, akhirnya Indonesia menduduki peringkat 1 GMTI di tahun 2019.

DC Segera Buat Sekuel ‘Shazam!’

'Shazam!' cukup mendapat pujian karena ceritanya yang ringan dan menyentuh hati penonton yang lebih muda.

Dua Ekor Gajah TSI Cisarua Hibur Pengunjung ‘Bogor Fest 2019’

TSI menurunkan gajah untuk pengalungan bunga kepada bupati dan duta besar

Pemakaian Tabir Surya Melindungi Wajah Dari Paparan Sinar Matahari

Saat memakai tabir surya dan pelembab, area sekitar mata sering terlupakan, terutama dekat hidung