close

Agar Tetap Bugar, Ini Menu Yang Harus Dihindari Saat Makan Siang

Makan siang penting untuk memulihkan energi. Agar tetap bugar dan berstamina, sebaiknya hindari makanan ini sebagai menu makan siang.

SERUJI.CO.ID – Makan siang penting guna mengembalikan energi agar dapat melanjutkan hari. Hanya saja, sebaiknya anda perlu memperhatikan menu yang dikonsumsi. Jangan sampai mata jadi mengantuk karena menu makan yang salah.

Hindari Makanan Dengan Bahan Dasar Tepung

Roti, pasta, mie merupakan jenis makanan berasal dari tepung. Ada baiknya anda menghindari ketiga menu ini agar tidak mengantuk setelah makan siang. Padahal, masih ada beberapa jam lagi yang harus dilewatkan untuk mengakhiri aktivitas hari.

Tepung merupakan contoh makanan hasil karbohidrat rafinasi yang hanya mengandung unsur glukosa. Apabila glukosa berlebih masuk ke dalam darah, dapat menyebabkan rasa kantuk yang tak tertahan.

 

Selain itu, ketiga jenis makanan tersebut memiliki indeks glikemik tinggi dan membuat kadar gula cepat naik saat dikonsumsi. Hal ini membuat rasa kenyang tidak bertahan lama ketika kadar gula turun. Jika sudah demikian, rasa lapar akan kembali muncul dan memungkinkan anda mengisi perut dengan cemilan.

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Minuman Manis

Es teh manis, es jeruk, es sirup ataupun minuman bersoda memang terasa menyegarkan ketika diminum di siang hari. Apalagi setelah makan siang. Nah, jika anda ingin hidup sehat, saatnya ucapkan selamat tinggal pada minuman manis.

Gula yang terdapat dalam minuman tersebut akan memicu obesitas yang berujung pada penyakit diabetes, kerusakan gigi dan penyakit jantung. Anda bisa menggantinya dengan air mineral dingin. Sama-sama menyegarkan, bukan?

Batasi Yoghurt

Yoghurt memang salah satu jenis makanan sehat, asal tidak dicampur dengan bahan-bahan lain yang justru mengurangi kandungan baik dari makanan hasil fermentasi ini. Yoghurt yang baik identik dengan rasa masam dan sedikit kecut.

Agar rasa masam tak kentara, anda bisa menambahkan buah-buahan segar yang manis. Sedangkan yoghurt yang harus dihindari adalah yoghurt dengan aneka rasa buah dan manis dari gula. Biasanya dikemas dalam bentuk minuman dan banyak beredar di pasaran. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya

Pantai Losari, Pusat Kuliner Khas Warga Bugis-Makassar

Jalan-jalan ke Makassar, jangan lupa mampir ke restoran terpanjang di Indonesia. Apa itu, simak laporan SERUJI