close

Agar Tetap Bugar, Ini Menu Yang Harus Dihindari Saat Makan Siang

Makan siang penting untuk memulihkan energi. Agar tetap bugar dan berstamina, sebaiknya hindari makanan ini sebagai menu makan siang.

SERUJI.CO.ID – Makan siang penting guna mengembalikan energi agar dapat melanjutkan hari. Hanya saja, sebaiknya anda perlu memperhatikan menu yang dikonsumsi. Jangan sampai mata jadi mengantuk karena menu makan yang salah.

Hindari Makanan Dengan Bahan Dasar Tepung

Roti, pasta, mie merupakan jenis makanan berasal dari tepung. Ada baiknya anda menghindari ketiga menu ini agar tidak mengantuk setelah makan siang. Padahal, masih ada beberapa jam lagi yang harus dilewatkan untuk mengakhiri aktivitas hari.

Tepung merupakan contoh makanan hasil karbohidrat rafinasi yang hanya mengandung unsur glukosa. Apabila glukosa berlebih masuk ke dalam darah, dapat menyebabkan rasa kantuk yang tak tertahan.

 

Selain itu, ketiga jenis makanan tersebut memiliki indeks glikemik tinggi dan membuat kadar gula cepat naik saat dikonsumsi. Hal ini membuat rasa kenyang tidak bertahan lama ketika kadar gula turun. Jika sudah demikian, rasa lapar akan kembali muncul dan memungkinkan anda mengisi perut dengan cemilan.

Ucapkan Selamat Tinggal Pada Minuman Manis

Es teh manis, es jeruk, es sirup ataupun minuman bersoda memang terasa menyegarkan ketika diminum di siang hari. Apalagi setelah makan siang. Nah, jika anda ingin hidup sehat, saatnya ucapkan selamat tinggal pada minuman manis.

Gula yang terdapat dalam minuman tersebut akan memicu obesitas yang berujung pada penyakit diabetes, kerusakan gigi dan penyakit jantung. Anda bisa menggantinya dengan air mineral dingin. Sama-sama menyegarkan, bukan?

Batasi Yoghurt

Yoghurt memang salah satu jenis makanan sehat, asal tidak dicampur dengan bahan-bahan lain yang justru mengurangi kandungan baik dari makanan hasil fermentasi ini. Yoghurt yang baik identik dengan rasa masam dan sedikit kecut.

Agar rasa masam tak kentara, anda bisa menambahkan buah-buahan segar yang manis. Sedangkan yoghurt yang harus dihindari adalah yoghurt dengan aneka rasa buah dan manis dari gula. Biasanya dikemas dalam bentuk minuman dan banyak beredar di pasaran. (Nia)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

Apa Itu Kutu Kelamin? Dan Bagaimana Cara Mencegahnya Agar Tidak Datang

Pernah mendengar tentang kutu kelamin? Apa bahayanya dan apa dampaknya pada manusia?

Mengatasi Rambut Bercabang Agar Tak Semakin Parah

Meski tidak merepotkan, tapi rambut bercabang bisa memperburuk penampilan. Terapkan cara ini dan saatnya ucapkan selamat tinggal pada rambut bercabang.

Manfaat dan Bahaya Mentega yang Perlu Anda Tahu

Rasanya yang gurih membuat masakan menjadi lebih nikmat. Namun apakah mentega layak dikonsumsi terlalu sering?

Makanan-Makanan Ini Adalah Faktor Munculnya Komedo

Segera batasi konsumsi makanan-makanan ini bila anda memiliki masalah serius dengan komedo.

Kebiasaan Buruk yang Tidak Disadari Bisa Menyebabkan Munculnya Komedo

Tanpa disadari kebiasaan-kebiasaan ini bisa menimbulkan komedo pada wajah.

Khasiat Buah Ciplukan, Dulu Diabaikan Sekarang Harganya Mahal

Istilah ada rupa ada harga agaknya cukup menggambarkan khasiat dari buah ini.