Setan Hobi Menyesatkan dan Adu Domba Sesama Manusia

0
120

Lingkar jaringan setan cukup kuat untuk menggoda iman umat manusia. Maka tidak sedikit anak cucu Adam yang terjerat jaringan setan. Iblis sebagai senior bagi gerombolan setan, telah bersumpah di hadapan Allah untuk senantiasa menyesatkan umat manusia sampai kapanpun, maka sejak itu pula banyak manusia yang terperosok ke jurang kesesatan karena mengikuti ajakan setan.

Karena itu waspadalah, agar tidak terjerat dalam jaring setan. Allah SWT telah memperingatkan kepada umat manusia terhadap tipu daya dan fitnah setan dengan firman-Nya yang artinya, “Dan janganlah kalian mengikuti langkah-langkah setan, karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagi kalian. Sesungguhnya setan itu hanya menyuruh kalian berbuat jahat dan keji, dan mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kalian ketahui.” (QS. Al-Baqarah: 168-169).

Dalam ayat yang lain Allah SWT juga berfiman yang artinya, “Setan itu menjanjikan (menakut-nakuti) kalian dengan kemiskinan dan menyuruh kalian berbuat jahat.” (QS. Al-Baqarah: 268).

Peringatan ini juga terdapat dalam firman-Nya yang artinya, “Dan setan bermaksud menyesatkan mereka (dengan) penyesatan sejauh-jauhnya.” (QS. An-Nisaa’: 60).

Kesesatan yang diajarkan oleh setan ini tentunya banyak macamnya. Seperti upaya menimbulkan permusuhan di antara umat manusia khususnya di kalangan intern kaum muslmin. Adapun metode setan dalam menciptakan permusuhan tersebut sangat bervariatif.

Dalam QS. Al-Maidah: 91, Allah SWT berfiman yang artinya, “Sesungguhnya setan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kalian lantaran (meminum) khamer dan berjudi itu, dan mengahalangi kalian mengingat Allah dan shalat, maka berhentilah kalian (dari mengerjakan hal itu).”

Sejak setan Iblis memukul genderang perang dengan Nabi Adam, karena menolak perintah Allah untuk sujud menghormat kepada Nabi Adam, maka sejak itu pula setan menjadi musuh bagi umat manusia.

Sebagaimana disebut dalam QS. Al-Qashash: 16, Allah SWT berfiman yang artinya, “Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang menyesatkan lagi nyata (permusuhannya).”

Peringatan tersebut juga telah difirmankan Allah SWT dalam QS. Faathir: 6 yang artinya: “Sesungguhnya setan itu adalah musuh (kalian), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya agar mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.”

Firman Allah di atas adalah satu peringatan agar umat Islam senantiasa menjauhkan diri dari jerat-jerat setan, antara lain dengan cara lebih mendekatkan diri kepada Allah, misalnya semakin rajin beribadah serta membaca dzikir kepada Allah, serta mendalami ilmu agama dan berupaya menjauh segala larangan-Nya.

Di antara upaya positif umat Islam dewasa ini agar tidak terjaring oleh jerat-jerat setan adalah berusaha tidak menjadi bagian dari keberadaan pemimpin dzalim, menjauh dari orang yang pandai bicara agama namun berperilaku jahat terhadap sesama umat Islam, dan berusaha tidak menjadi orang awam yang mudah dibodoh-bodohi oleh pemimpin dzalim dan media pembohong yang kontra perjuangan umat Islam.

KH. Luthfi Bashori*

*) Pengasuh Pondok Pesantren Ribath Al Murtadla Al Islami Singosari Malang, yang juga Alumni Ma’had Sayyid Muhammad Alwi Al Maliki di Makkah Al Mukarramah. Saat ini beliau menjabat sebagai Wakil Rais Syuriah MWC NU Singosari Malang merangkap sebagai Aktifis Komisi Hukum & Fatwa MUI Kab. Malang.

BAGIKAN
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

sandiaga Uno

Wagub DKI Beri Ruang Polda Periksa Kasatpol PP

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno memberikan ruang kepada pihak Kepolisian Daerah Metro Jaya bila akan meminta keterangan Kepala Satuan Polisi...

Manchester City Pastikan ke Final Piala Liga

BRISTOL, SERUJI.CO.ID - Manchester City mencapai final Piala Liga, menghancurkan harapan-harapan tim divisi kedua Bristol City untuk menorehkan kejutan, ketika tim pemuncak klasemen Liga Inggris...

Aaron Lennon Pindah ke Burnley

LONDON, SERUJI.CO.ID - Pemain sayap Inggris Aaron Lennon melengkapi kepindahannya ke Burnley dari Everton dengan biaya transfer yang tidak diumumkan pada Selasa (23/1), menjadi rekrutan...

Mascherano Akan Tinggalkan Barcelona

MADRID, SERUJI.CO.ID - Gelandang Barcelona Javier Mascherano akan meninggalkan klub itu setelah tujuh setengah tahun berkiprah di Nou Camp, kata sang pemuncak klasemen Liga Spanyol...

Kumpulkan Infaq Rp 622 Juta, ASN Bone Bolango Catat Rekor MURI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) mencatat rekor infak dari aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, sebesar Rp622 juta...
loading...
KH. Luthfi Bashori

Kerinduan Hati Orang Beriman

Aljaar qablal daar (mencari tetangga sebelum mencari rumah) Ungkapan tersebut di atas sangatlah dalam maknanya. Jika disesuaikan dengan permasalahan kemasyarakatan maka dapat memberi pemahaman, bila...
ilustrasi orang marah (Foto: Istimewa)

Suka Marah-Marah? Waspada Gangguan Psikologis Akut

Apakah kita suka marah-marah? Mudah marah? Gampang tersulut emosi? Gampang meledak-ledak? Cobalah untuk cek, apakah emosi yang kita miliki tergolong normal dan wajar? Ataukah kita...

Abu Dzar al Ghifari, Kemilau di Antara Sarang Penyamun

Abu Dzar al Ghifari merupakan salah satu sahabat yang pertama memeluk islam yang disebut “assabiqunal awwalun”. Dia berasal dari bani Ghifar, sebuah suku yang...