Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

Oleh: dr. Endang Sulistiyowati

SERUJI.CO.ID – Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum berumur 28 hari.

Berdasarkan pasal 16 ayat 1 Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan yang berbunyai “Bayi baru lahir dari peserta jaminan kesehatan wajib didaftarkan kepada BPJS kesehatan paling lama 28 hari sejak dilahirkan”.

Sedangkan pada ayat kedua menyatakan bahwa peserta yang tidak mendaftarakan bayi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dikenai sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

 

Berikut cara mendaftarkan BPJS Kesehtan bayi anda:

  1. Mintalah surat keterangan lahir dari fasilitas kesehatan tempat bayi anda dilahirkan untuk kepengurusan akta kelahiran dan KK sesuai prosedur yang berlaku.
  2. Datang ke kantor BPJS.
  3. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan;
    – Fotokopi Kartu keluarga (KK) yang sudah tercantum nama bayi
    – Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam KK bagi pendaftar untuk kelas I dan 2, sedangkan untuk pendaftar kelas 3 tidak perlu.
  4. Setelah mendaftar calon peserta akan memperoleh SMS berisi nomor virtual account (VA) dan tanggal pembayaran pertama.
  5. Melakukan pembayaran iuran ke ATM bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI/BTN) atau melalui pihak yang bekerja sama dengan BPJS (minimarket, Kantor Pos dan lain-lain) paling lambat 30 hari setelah menerima virtual account.
  6. Setelah pembayaran dilakukan, peserta akan mendapatkan kartu BPJS yang dikirimkan oleh BPJS paling lambat 6 hari kerja terhitung sejak pembayaran iuran pertama.
  7. Kartu BPJS bisa digunakan oleh peserta setelah 14 hari sejak membayar iuran pertama.

Selain cara diatas, pendaftaran BPJS bisa juga dilakukan secara online melalui website BPJS Kesehatan, mobile JKN. Bisa juga mendaftar melalui telepon di Care Center BPJS Kesehatan 1500-400.

Sebelum mendaftar, persiapkan dahulu dokumen seperti tersebut diatas (kartu keluarga dll), agar pendaftaran bisa berjalan lancar. (Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERPOPULER

TERBARU

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...

Whatsapp Hentikan Dukungan Pada Beberapa OS, Simak Apakah Termasuk Milik Anda

WhatsApp mengumumkan akan menghentikan dukungan mereka untuk beberapa sistem operasi lama mulai Februari 2020, sehingga sejumlah fitur secara bertahap tidak bisa diakses lagi.
close