Saat Merencanakan Kehamilan, Sebaiknya Ke Bidan Atau Dokter Kandungan?

Setelah membaca artikel ini, anda tidak akan salah persepsi mengenai tugas bidan dan dokter kandungan.

SERUJI.CO.ID – Seringkali orang beranggapan bahwa bidan dan dokter kandungan adalah profesi serupa. Meski sama-sama bergerak di bidang ibu dan anak, nyatanya kedua profesi ini adalah dua hal yang berbeda.

Pada dasarnya bidan dan dokter spesialis kandungan memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda. Bidan biasanya diambil melalui pendidikan profesi, yang biasa tersedia dalam jenjang D3 dan D4.

Selama masa pendidikan 3-4 tahun itu, bidan sudah mendapat teori dan praktik langsung tentang dunia kehamilan. Apabila akan membuka praktik sendiri, seorang bidan harus memiliki sertifikat kompetensi sebagai bukti, bahwa kemampuan yang dimilikinya telah layak untuk diaplikasikan ke masyarakat.

 

Sedangkan rentan pendidikan dokter kandungan lebih lama lagi. Calon dokter kandungan, harus menempuh pendidikan selama 3,5 hingga 4 tahun untuk meraih gelar sarjana kedokteran. Baru setelah itu, butuh waktu sekitar 2 tahun untuk menjalani koasisten (koas), yang kemudian dilanjutkan dengan uji kompetensi dokter sebagai tahapan sebelum dilantik menjadi dokter umum.

Perjuangan seorang dokter kandungan belum selesai sampai di situ. Dokter umum harus mengambil spesialis kandungan, yang kurang lebih berlangsung selama 4 tahun.

Sehingga dapat disimpulkan, dari latar belakang pendidikan yang dimiliki masing-masing, tugas bidan adalah sebagai tenaga kesehatan yang siap sedia membantu menangani kehamilan, kesehatan ibu dan juga kesehatan bayi dan anak.

Bidan cenderung menangani keluhan yang normal dan umum, yang terjadi selama masa kehamilan. Sedangkan dokter kandungan, menangani masalah kehamilan yang sudah kompleks dan rumit.

Menurut Jennifer Niebyl, M.D., dosen kebidanan dan kandungan dari University of Iowa di Amerika Serikat menyatakan, dokter kandungan lebih memiliki kompetensi tinggi untuk menangani keluhan seputar kehamilan dan proses persalinan.

Bagi anda yang sedang merencanakan program kehamilan, anda bisa saja mengonsultasikan hal tersebut baik ke bidan maupun dokter kandungan. Tapi kembali lagi, wewenang dan kompetensi bidan hanya sebatas konsultasi dan pemeriksaan dasar awal saja.

Apabila nantinya anda perlu tahapan pemeriksaan lebih serius, seperti pemberian obat, pemeriksaan USG dan tindakan lanjutan lainnya, maka ini adalah ranah dokter kandungan. Sebab biasanya, saat proses program hamil, anda akan diperiksa secara menyeluruh hingga meliputi organ dalam reproduksi. (Nia)

TERPOPULER

TERBARU

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

5 Gili Paling Indah di Lombok Selain Gili Trawangan

Lombok enggak melulu soal Gili Trawangan karena ada gili-gili lainnya yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suka Gunakan Panggilan Mesra ke Teman Kerja? Waspada, Bisa Jadi Awal Perselingkuhan

Awalnya hanya memanggil 'cin', 'beb', 'say,.... lama-lama terjadi perselingkuhan kering seperti curhat. Akhirnya......

Mao Tse-Tung Dikubur oleh Generasi Ali Baba (Berakhirnya Komunisme di Cina?)

Data di tahun 2019 memberikan petunjuk. Komunisme Cina sebagaimana yang dulu kita kenal segera berakhir. Berangsur Cina beralih menjadi negara kapitalisme dengan karakteristik yang berbeda. Ialah kapitalisme negara. Atau Kapitalisme minus demokrasi.

Pedagang Buku Itu Menjadi Manusia Terkaya dalam Sejarah Modern

Data di tahun 2018 menunjuk itu. Dari 807 milyar dollar penjualan buku di AS, sebanyak 42 persen membeli dari Amazon. Ribuan toko buku lain, online dan offline kebagian hanya 58 persen. Bahkan untuk pembelian e-book, dari 560 milyar dollar, 89 persen berasal dari Amazon.

Resmi Bercerai, Janda Pendiri Amazon Jadi Triliuner dengan Gono-Gini Senilai Rp540 Triliun

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - MacKenzie Besoz masuk dalam jajaran orang super kaya di dunia dengan kekayaan triliunan rupiah, setelah perceraiannya dengan pendiri Amazon, Jeff Besoz...