Dalam ber-make up, foundation menjadi item paling penting yang harus diketahui oleh wanita. Sebab, menurut Make Up Artis, Ifa Donggala, salah satu fungsi foundation atau alas bedak adalah membantu menyamarkan noda ataupun pori-pori besar pada wajah. Setidaknya ada tiga kategori alas bedak atau foundation yang wajib diketahui, yakni:

1FOUNDATION CAIR

Foundation cair adalah yang paling ringan dan termasuk paling mudah untuk dipulas pada wajah. Kedua faktor inilah yang membuat formulasi cair menjadi pilihan alas bedak yang paling populer. Foundation cair berbaur dengan sangat baik di kulit dan sekaligus mempertahankan kelembapan di dalam kulit.

Foundation jenis ini dapat dipakai langsung dengan ujung-ujung jari, menggunakan spons make up, atau kuas khusus foundation. Foundation cair tersedia sebagai cairan kental yang dikemas dalam botol pompa, atau tabung spray.

Alas bedak cair tersedia dalam berbagai warna bersama dengan formula berbasis minyak (oil-based) atau air (water-based) yang sesuai dengan kebutuhan setiap orang. Foundation berbasis minyak lebih cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering dan keriput, sedangkan yang berbasis air lebih cocok digunakan mereka dengan kulit berminyak, normal, atau kombinasi.

Varian lain dari foundation cair termasuk BB dan CC cream, dan pelembab berwarna (tinted moisturizer). Jenis ini memiliki coverage yang paling ringan dari semua foundation cair tetapi menampilkan polesan makeup yang paling alami.

2FOUNDATION KRIM

Foundation krim diformulasikan terutama untuk kulit normal dan sangat kering karena mengandung minyak dan bertekstur tebal dan lembut yang dapat menyatu sempurna dengan kedua jenis kulit ini sehingga membuat kulit terasa lembab dan kenyal. Alas bedak krim biasanya tersedia dalam kemasan pot kecil, stick padat, dan botol tabung. Foundation krim paling baik dipulas ke wajah menggunakan spons makeup lembap. Foundation krim juga dapat digunakan sebagai concealer.

Berkat teksturnya yang tebal, alas bedak ini menawarkan coverage yang lebih menyeluruh sehingga mampu menutupi semua ketidaksempurnaan kulit dan memberikan ekstra kelembapan dibandingkan versi cairnya. Namun, tekstur beratnya dapat dengan mudah menyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat dan komedo.

Varian lain dari foundation krim termasuk mousse foundation. Foundation mousse adalah alas bedak berbasis air yang ringan dan cepat kering — terdiri dari campuran dari bubuk dan pelembab. Mousse foundation memberikan tampilan akhir matte (tidak mengkilap) yang lebih alami untuk kulit. Formulasi mousse cocok digunakan untuk semua jenis kulit.

3FOUNDATION BUBUK

Alas bedak bubuk alias powder foundation tersedia dalam bentuk loose powder (bubuk super halus) maupun bedak padat. Alas bedak tipe ini sangat kering dan hampir tanpa air sama sekali. Dengan formula bubuk, Anda dapat mencapai tampilan apapun yang Anda inginkan, mulai dari tampilan alami hingga penampilan yang sangat dramatis.

Foundation bubuk lebih mudah digunakan daripada jenis lainnya, itu sebabnya jenis ini adalah pilihan yang lebih tepat untuk Anda yang tidak terbiasa menggunakan makeup atau yang baru mulai belajar memulas makeup.

Alas bedak bubuk paling cocok untuk orang-orang dengan kulit berminyak dan normal, dan mereka yang memiliki kulit kering atau dewasa harus menghindari ini. Poleskan loose powder dengan kuas dengan bulu sikat alami, semakin lembut dan tebal bulunya akan semakin baik hasil akhirnya. Sementara itu, jika Anda menggunakan bentuk bedak padat, tampilan makeup Anda akan lebih sempurna jika foundation diaplikasikan dengan spons lembap.

EDITOR: Iwan S

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama