Jaket Kulit juga jadi outfit favorit Inneke Koesherawaty (Foto: kapanlagi.com)

Jaket kulit tak hanya digandrungi kaum lelaki, tapi muslimah pun makin berani memadupadankan dengan busana muslim. Seperti namanya, jenis kulit merupakan jaket yang memiliki bahan dasar dari kulit hewani maupun sintesis. Karena itu, dalam perawatannya juga harus lebih berhati-hati tidak mudah rusak dan mengelupas. Untuk itu, perhatikan beberapa tips berikut agar jaket kulit tetap lentur dan awet:

1Jangan Dicuci

Saat pertama kali membeli jaket kulit jangan pernah mencoba untuk mencucinya dengan menggunakan detergen dengan jenis apapun. Hal ini dapat membuat kulit mengelupas dengan cepat  dan menjadi keriput. Selain itu jangan mencuci jaket kulit dengan menggunakan mesin cuci, karena mencuci dengan mesin cuci akan membuat jaket kulit menjadi mengkerut atau menciut.

2Gunakan Lap Basah

Karena tak bisa dicuci, maka bersihkan jaket kulit dengan cukup menggunakan lap basah dan kemudian digantungkan pada tempat yang tak terpapar sinar matahari secara langsung. Jangan pernah menjemur jaket kulit di bawah sinar matahari terik dalam keadaan basah, karena berakibat jaket kulit akan hancur.

3Manfaatkan Semir Sepatu

Jika kamu menemukan kotoran atau noda pada jaket kulitmu maka dapat ditutupi dengan semir sepatu yang memiliki warna senada. Selain itu, jaket harus dilap sampai kering atau bisa menambahkan olesan minyak goreng untuk mengeringkannya.

4Lotion untuk Melenturkan

Gunakanlah lotion atau pelembab untuk ¾ minggu sekali untuk menjaga kelenturan dan kelembutan jaket kulit perempuan yang kamu miliki. Dengan mengoleskan lotion secukupnya pada permukan jaket lalu diamkan selama satu jam, maka kamu akan mendapatkan jaketmu kembali cemerlang. Jangan lupa untuk menjaga jaket kulitmu dalam keadaan kering dengan meggunakan lap atau spon yang lembut.

5Jangan Dilipat

Untuk penyimpanan, gantungkanlah jaket kulit dan jangan pernah menyimpannya dalam keadaan terlipat karena dapat merusak permukan jaket.

EDITOR: Iwan S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama