Asupan makanan kita dalam sehari memanglah sangat penting untuk diperhatikan. Terlebih lagi bagi wanita karir yang sedang menerapkan program diet. Selain agar berat badan terjaga dengan baik, pola makan yang teratur dan bergizi juga sangat diperlukan agar tubuh tetap fit dan sehat.

Menurut ahli gizi RS Mitra Keluarga Surabaya Endah Amd Gizi, pada prinsipnya wanita untuk menjaga pola makan yang baik, dibutuhkan perhatian khusus dalam pilihan menu yang disesuaikan juga dengan waktu yang tersedia.

“Pada dasarnya, pola makan yang sehat terletak pada pengonsumsian buah dan sayur yang lebih banyak dibandingkan karbohidrat. Namun, perlu diingat bukan berarti lantas Anda meninggalkan kandungan karbohidrat dalam menu makan Anda,” tutur Endah.

Endah pun memberikan resep menu sehari mulai dari saat sarapan, makan siang hingga di malam hari.

PAGI
Saat sarapan, menu makanan yang disarankan tidak terlalu berat dan mudah dibuat. “Mengingat waktu tergolong mepet saat menyiapkan makanan untuk sarapan, maka disarankan mengonsumsi menu makanan yang mudah dibuat namun tetap mempunyai kandungan gizi yang lengkap,” tutur Endah.

Makanan yang disarankan semisal cream soup, susu, sereal, aneka roti yang dikukus, dipanggang ataupun digoreng. Tambahan keju serta buah pun bisa menjadi pelengkap menu sarapan Anda.

Endah juga menambahkan, Anda juga bisa menyiapkan bekal untuk bisa dikonsumsi saat waktu pertengahan antara sarapan ke waktu makan siang. “Karena pada dasarnya, setiap 3 jam sekali, perut akan kosong dan membutuhkan asupan makanan. Di sinilah bekal atau snack bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikonsumsi,” saran Endah.

SIANG
Waktu istirahat untuk makan siang tergolong lebih lama dibandingkan dengan waktu makan saat sarapan. Ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan dengan porsi yang lebih banyak dibandingkan saat sarapan.

“Menu saat makan siang tidak harus menggunakan nasi. Anda bisa menggantinya dengan kentang, roti, dan mie,” kata Endah.

Masih sama dengan menu makan saat sarapan, kandungan makanan antara karbohidrat, mineral, protein, dan lemak harus tetap seimbang. Lagi-lagi jangan meninggalkan kandungan karbohidrat saat makan siang sebab akan bisa mempengaruhi aktivitas Anda yang masih belum terlaksana.

MALAM
Sedangkan untuk menu makan pada malam hari, banyak disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan. “Ini mengingat metabolisme tubuh berjalan saat malam hari, maka pengonsumsian buah dan sayur bisa membantu melancarkan sisa metabolisme di keesokan harinya. Pencernaan pun akan berjalan dengan lancar,” tutur Endah.

Menu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi saat malam hari antara lain adalah susu, buah segar, ataupun yang diolah menjadi jus, sayur-sayuran, dan menu karbohidrat dengan porsi yang lebih sedikit.

Bilamana banyak wanita yang merasa ketakutan dan memilih tidak makan malam karena takut gemuk, maka Endah memberikan tips pola makan saat malam hari. “Tetaplah makan makan, asalkan 1 jam sebelum waktu tidur usahakan sudah tidak mengonsumsi apapun terlebih lagi cemilan,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama