Ternyata, diet tidaklah sulit. Bahkan, mudah dan menyehatkan. Dengan memanfaatkan air putih dan buah-buahan, Anda pun tetap bisa tampil segar, sehat plus ramping. Metode ini dinamakan infused water. Seperti apa?

Infused water adalah air putih yang ditambahkan rasa dan aroma buah-buahan segar dengan cara perendaman dalam waktu tertentu. Istilah ini sudah dikenal luas di masyarakat sebagai salah satu metode baru untuk penurunan berat badan, selain juga untuk kesehatan.

Sebagaimana yang dikemukakan Naily Lisa SKM GIZI, ahli gizi Rumah Sakit Islam (RSI) A Yani Surabaya, selain dengan mengatur asupan makanan, cara lain yang tak kalah penting bagi orang yang sedang menjalani program diet adalah dengan infused water, yakni memasukkan irisan atau potongan buah-buahan ke dalam air putih yang akan kita minum.

Buah-buah yang bisa digunakan untuk infused water itu antara lain adalah jeruk, lemon, anggur, stroberi, apel, dan sebagainya. Namun beragam buah tersebut, setidaknya disesuaikan dengan kebutuhan seseorang, mengingat adanya penyakit tertentu yang membuat seseorang tidak boleh mengonsumsi buah.

“Nah, kalau kebutuhannya adalah untuk diet, sebaiknya pembuatan infused water adalah dengan buah yang mengandung serat,” terang Naily.

Lebih lanjut Naily menjelaskan, pada dasarnya pembuatan infused water sangatlah sederhana, yakni hanya dengan mencampurkan air putih dengan beberapa potong buah, lalu dibiarkan dalam waktu yang relatif lama. Hal itu bertujuan agar air putih tersebut bisa menyerap kandungan-kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah, sehingga membuat aroma dan khasiat kegunaannya lebih maksimal.

“Sebelum dimasukkan, setidaknya pastikan buah tersebut bersih dengan dicuci. Kemudian masukan dalam air putih yang sudah siap dan dibiarkan minimal 30 menit. Setelah itu baru diminum,” terangnya.

Untuk ukuran air, lanjutnya, setidaknya harus seimbang dengan jumlah buah yang dimasukkan ke dalamnya. Perbandingannya adalah antara 5-10 potong buah per 100 ml air. Minuman infused water tersebut bisa dikonsumsi satu atau dua kali dalam sehari semalam.

Setelah air tersebut habis diminum, lanjutnya, sebenarnya hal itu masih boleh diisi dengan air putih lagi, buah yang dibuat infused water tersebut belum melewati 24 jam atau selama buah yang ada di dalamnya masih tampak segar. Meski demikian, lanjutnya, mengiris buah yang baru tentu lebih baik.

“Selama buahnya masih segar itu boleh diisi air lagi, namun kalau bisa gunakanlah buah yang baru agar terasa lebih segar dan lebih efektif untuk kebutuhan diet,” imbuhnya.

Pada umumnya, sebelum diminum, pembuatan infused water didinginkan terlebih dahulu ke dalam kulkas. Namun hal itu hanya untuk mendapatkan rasa yang lebih segar semata, bukan suatu keharusan. Karena itu, bagi Anda yang tidak terbiasa meminum minuman dingin, infused water bisa langsung dikonsumsi setelah buah yang ada di dalam air putih tersebut dibiarkan sekitar 30 menit.

Untuk menambah kenikmatan rasa, lanjutnya, infused water itu juga boleh ditambah gula dengan ukuran secukupnya. Minuman tersebut tentu memiliki manfaat yang berbeda dengan air putih biasa, sehingga jika bagi Anda yang memiliki keinginan untuk menurunkan berat badan, mengonsumsi infused water ini tentu merupakan salah satu cara yang sangat efektif dan perlu diterapkan dalam sehari-hari.

Sebab dengan infused water, kandungan vitamin dalam buah yang terserap oleh air akan menyatu sehingga hal itu akan memudahkan proses pencernaan menjadi lebih lancar. Selain itu, infused water juga sangat bermanfaat untuk menambah energi dan menstabilkan metabolisme tubuh.

Lebih lanjut Naily menjelaskan, sekalipun infused water memiliki manfaat yang sangat penting untuk penurunan berat badan, namun seseorang juga tetap perlu memperhatikan jumlah nutrisi makanan yang dikonsumsi dalam sehari-hari. Hal itu penting untuk efektifitas program diet dengan infused water.

“Selain itu, yang tak kalah penting juga dalam proses penurunan berat badan itu adalah dengan berolahraga,” imbuhnya.

EDITOR: Iwan S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama