close

Bahaya Konsumsi Gluten Berlebihan Pada Anak

Roti, mie ayam dan aneka pasta memang terdengar lezat dan menggiurkan. Namun konsumsi makanan mengandung gluten tersebut tidak baik bagi anak-anak dan orang dewasa.

SERUJI.CO.ID – Gluten merupakan protein yang banyak ditemukan pada jenis tanaman serelia seperti gandum, yang kemudian diolah menjadi tepung terigu. Saat gluten dicampur dengan air, hasilnya berperan sebagai perekat yang menjaga bentuk makanan.

Namun bagi orang yang intoleran terhadap gluten, jenis makanan yang mengandung gluten seperti roti, pasta dan sereal, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terutama sistem pencernaan.

Tak hanya bagi orang dewasa, konsumsi gluten juga sebaiknya dibatasi untuk anak-anak. Apalagi jika buah hati mengidap penyakit autis.

 

Baca juga: Mengenal Karbohidrat Rafinasi dan Bahayanya Bagi Tubuh

Ini karena kandungan gluten yang menyerang sistem pencernaan, akan berimbas pada aliran darah dan perlahan berdampak pada kesehatan organ lain seperti jantung dan otak.

Sebaiknya kenalkan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayur dan buah-buahan. Agar anak tidak mudah bosan, anda juga bisa mengkreasikan makanan tinggi serat dengan protein hewani.

Tidka masalah jika sesekali ingin menyantap mie atau roti, asalkan tidak terlalu sering dan imbangi juga dengan makanan tinggi serat. (Nia)

TERPOPULER

TERBARU

Penelitian: Tinggal Bersama Mertua, Wanita Tiga Kali Lebih Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ternyata, berdasarkan penelitian tersebut, hidup dengan ibu mertua benar-benar dapat berakibat buruk bagi kesehatan wanita.

Tas Kulit Kayu Koja dan Kain Tenun Warga Baduy Disukai Turis Eropa

Tas rajutan tangan warga Baduy yang terbuat dari kulit kayu serta kain tenun asli warga Baduy Dalam ternyata disukai warga Eropa dan relatif mahal harganya.

Promosikan Pariwisata, Bus Wonderful Indonesia Beroperasi di Berlin Selama ITB 2019

Perkenalkan pariwisata Indonesia di ITB 2019, Kemenpar membranding bus-bus di Berlin dengan Wonderful Indonesia

Jalan Jalan ke Rangkasbitung, Jangan Lupa Museum Multatuli

RANGKASBITUNG, SERUJI.CO.ID - Sejuk nyaman dan aman. Begitulah suasana umum kota Rangkasbitung saat ini. Ibukota Kabupaten Lebak di Provinsi Banten ini letaknya tidak jauh...

Kasih Sayang Yang Menyembuhkan

Kasih sayang adalah sebuah kekuatan penyembuhan. Inilah diantaranya

Dukung Program Pariwisata, PT KAI Hidupkan 4 Jalur Kereta di Jawa Barat

4 jalur kereta api di Jabar kembali dihidupkan. Inilah jalur-jalurnya