close

Bahaya Konsumsi Gluten Berlebihan Pada Anak

Roti, mie ayam dan aneka pasta memang terdengar lezat dan menggiurkan. Namun konsumsi makanan mengandung gluten tersebut tidak baik bagi anak-anak dan orang dewasa.

SERUJI.CO.ID – Gluten merupakan protein yang banyak ditemukan pada jenis tanaman serelia seperti gandum, yang kemudian diolah menjadi tepung terigu. Saat gluten dicampur dengan air, hasilnya berperan sebagai perekat yang menjaga bentuk makanan.

Namun bagi orang yang intoleran terhadap gluten, jenis makanan yang mengandung gluten seperti roti, pasta dan sereal, bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh. Terutama sistem pencernaan.

Tak hanya bagi orang dewasa, konsumsi gluten juga sebaiknya dibatasi untuk anak-anak. Apalagi jika buah hati mengidap penyakit autis.

 

Baca juga: Mengenal Karbohidrat Rafinasi dan Bahayanya Bagi Tubuh

Ini karena kandungan gluten yang menyerang sistem pencernaan, akan berimbas pada aliran darah dan perlahan berdampak pada kesehatan organ lain seperti jantung dan otak.

Sebaiknya kenalkan makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayur dan buah-buahan. Agar anak tidak mudah bosan, anda juga bisa mengkreasikan makanan tinggi serat dengan protein hewani.

Tidka masalah jika sesekali ingin menyantap mie atau roti, asalkan tidak terlalu sering dan imbangi juga dengan makanan tinggi serat. (Nia)

Loading...

TERPOPULER

TERBARU

Melancong ke Kendari, Jangan Lupa ke Pulau Bokori

Artis dan produser film Nia Zulkarnain baru saja menyimpan barang bawaannya di kamar hotel tempatnya menginap di kawasan Kendari Beach, pekan lalu, ketika ia menelpon SERUJI dan mengajak sama-sama melancong ke Pantai Bokori.

Anda Peserta BPJS Yang Baru Punya Momongan? Jangan Lupa Lakukan Ini

SERUJI.CO.ID - Ayah Bunda yang sudah memliki karu BPJS Mandiri, dan baru saja menerima anugerah momongan jangan lupa untuk segera mendaftarkan bayi anda sebelum...

Ke Jakarta, Warga Aceh Pilih Transit Dulu di Kuala Lumpur, Ini Sebabnya

Bila sebelumnya penerbangan ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng, Banten hanya dibandrol dengan tiket seharga Rp1 jutaan, bahkan terkadang ada yang hanya Rp800-900ribuan saja. Kini, hal itu sudah tinggal kenangan.

Kembali “Capres” Nurhadi Trending, #UdahNurhadiAja Salip #2019PrabowoPresiden

Kali ini, pasangan dengan singkatan Dildo ini trending lewat tagar #UdahNurhadiAja. Bahkan tagar ini, pada Selasa (8/1) pagi, mampu menyalip tagar #2019PrabowoPresiden yang tertinnggal di posisi kedua.

Inilah 3 Pantai Keren Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Berada di Malang

Berwisata di Malang, tak lengkap jika belum mengunjungi pantai-pantai yang keren di daerah Malang Selatan. Inilah 3 pantai yang wajib kamu kunjungi...

Untuk Majukan Pariwisata Sultra, Jadikan Wakatobi Sebagai Pintu Masuk

Wakatobi ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi wiasata unggulan Indonesia. Apa saja harapan dan yang akan dilakukan pemerintah?