Kebanyakan usaha pribadi tidak menggunakan akuntansi. Tidak masalah. Karena pemilik sekaligus yang menjalankan adalah dirinya sendiri.

Kalau sekedar kerjasama sederhana seperti jual beli, pinjam-meminjam, sewa-menyewa, atau mempekerjakan, tidak terlalu perlu akuntansi, walau sebaiknya masing-masing pihak membukukan transaksinya (yang tentu merupakan bentuk akuntansi yang sangat sederhana). Namun, akan jadi rumit bila bentuk kerjasamanya sudah ke tingkat membagi kepemilikan usaha.

Mengapa kerjasama berbagi modal (berbagi modal = berbagi kepemilikan) menjadi rumit? Karena konsekuensinya luas, seperti pembagian keuntungan, penggunaan dana dan fasilitas perusahaan, penentuan kebijakan pengeluaran operasional dan lain sebagainya.

loading...

Kerumitan ini, ditambah dengan ketertutupan antara satu pemilik dan pemilik lainnya, menyebabkan muncul masalah dikemudian hari. Maka tak heran, banyak usaha kerjasama yang berhenti di tengah jalan karena pecah kongsi.

Akuntansi adalah sebuah alat untuk mengetahui hampir semua jenis kegiatan dalam sebuah usaha. Bisa dikatakan sebagai transparansi keuangan bagi berbagai pihak yang terlibat. Beberapa menyebutnya sebagai alat untuk “mempertanggungjelaskan” alih-alih makna “mempertanggungjawabkan”.

Gambaran dasar tentang akuntansi berikut menunjukkan posisi/keadaan keuangan (neraca):

1. Aset
Aset adalah segala sesuatu milik perusahaan. Contohnya : Meja, kursi, peralatan inventaris perusahaan, uang kas, simpanan perusahaan di Bank, barang persediaan, dan lain-lainnya.
2. Modal
Modal adalah jumlah uang atau barang yang diberikan oleh pemilik ke perusahaannya. Misal, salah seorang pemilik membelikan komputer untuk perusahaan dari uang pribadinya.
3. Kewajiban
Kewajiban adalah hutang yang harus dibayar. Misalnya, perusahaan meminjam uang ke Bank, atau perusahaan menunggak gaji ke karyawan.
4. Pengeluaran
5. Pemasukan

Semua kegiatan transaksi usaha selalu melibatkan kelima hal di atas. Oleh karena itu, semua catatan transaksi bisa dikonversikan menjadi bentuk laporan posisi keuangan.

Apa fungsinya mengetahui posisi keuangan?
Pertama, mengetahui besarnya modal yang disetor. Bisa jadi, pihak 1 menyetor modal lebih besar daripada pihak 2. Hal ini berpengaruh pada prosentasi penerimaan laba perusahaan.

Kedua, Mengetahui perkembangan aset dan kewajiban perusahaan. Jika perusahaan asetnya bertambah terus, tentu kekayaan perusahaan semakin besar. Sebaliknya, jika kewajiban semakin besar, maka kekayaan perusahaan sudah pasti menurun.

Ketiga, mengontrol arus kas. Pengeluaran yang terlalu besar bisa dianalisa, kemudian diadakan efisiensi. Pemasukan yang terlalu kecil bisa didorong dengan usaha yang lebih efektif.

Masih banyak fungsi-fungsi akuntansi yang sangat berguna dalam menjalankan usaha. Namun, penjelasan di atas mungkin bisa memberi gambaran dasar yang mudah dimengerti.

Dengan akuntansi, jalannya usaha bisa lebih transparan, dapat dipertanggungjelaskan, sehingga bentuk-bentuk prasangka antar satu pihak dengan pihak lainnya bisa diminimalkan. Akhirnya, kerjasama usaha bisa tetap langgeng tanpa ada yang merasa dizalimi.

Saat ini, ilmu akuntansi sudah ke tingkat jenuh, artinya akuntansi sebagai alat usaha sudah di batas maksimal, tidak ada alat yang lebih baik. Menggunakan akuntansi adalah seperti menggunakan alat yang paling tepat dan mutakhir yang menyertai sebuah usaha. Apalagi, sudah disediakan perangkat lunak khusus sehingga pekerjaan yang tadinya melelahkan, bisa dilaksanakan dengan mudah dan murah.

Tulisan terbaru Muhammad Hanif Priatama (semua)

Komentar

BACA JUGA

Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau Capai 680 Hektare

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau sejak awal 2018 hingga akhir Februari sudah mencapai lebih dari 680 hektare, yang tersebar di...
kereta ringan

Pemerintah Sumsel Kaji Pendapatan di Luar Tarif LRT

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Pemerintah mengkaji kemungkinan meraih pendapatan di luar tarif jalur kereta api dalam kota Light Rail Transit, atau LRT untuk menutupi tingginya biaya...

Sidang Kasus First Travel Libatkan 96 Saksi

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Pengadilan Negeri Depok, Jawa Barat, melanjutkan sidang terhadap tiga terdakwa kasus First Travel dengan agenda pembacaan nota keberatan terdakwa atau eksepsi dengan...

Agenda Sidang Perdana PK Ahok Terkait Pembacaan Memori

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Sidang perdana Peninjauan Kembali (PK) kasus penodaan agama dengan terpidana mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara,...
Suap

Suap APBD Jambi, Anggota DPRD Mulai Diperiksa

JAMBI, SERUJI.CO.ID - Sejumlah anggota DPRD Provinsi Jambi menjalani pemeriksaan di Pengadilan Tipikor untuk tiga terdakwa kasus suap APBD Provinsi Jambi 2018 senilai Rp3,4 miliar. Berdasarkan...
loading...
KH. Luthfi Bashori

Ajari Anakmu Ilmu Agama

Sy. Abu Hurairah RA mengutarakan Rasulullah SAW bersabda, “Tidak seorang anak pun yang lahir melainkan dalam keadaan suci bersih. Kedua orangtuanyalah yang menyebabkan dia...
Light at the end of the tunnel

Garis 8: Hak Asasi Manusia di Hadapan Tuhan

Saat ini banyak manusia yang menuntut agar “berhak segalanya". Apapun yang dikehendaki tak boleh dilarang, dengan sekedar alasan “tokh, tidak ganggu orang lain”. Maka,...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...