Model: Shitata (Foto. istimewa)

Paduan warna hitam dan putih memang masih menjadi idola dalam berbusana. Selain netral, warna-warna monokrom ini juga punya banyak kelebihan. Tak hanya memberi kesan elegan, warna hitam juga berguna memberi kesan tubuh anda terlihat lebih langsing. Sedangkan warna putih tentu menjadi warna yang mudah dipadu padankan dengan warna-warna yang lainnya.

Namun kelemahannya, busana warna putih cepat terlihat kotor. Sedangkan warna hitam, juga sering memudar dan terlihat lusuh warnanya. Untuk itulah, rawat busana hitam putih anda agar tetap terlihat elegan. Caranya:

BUSANA WARNA PUTIH

  1. Baju putih sangat rentan terkena lunturan baju warna lainnya. Untuk itu, pastikan Anda memisahkannya dengan baju berwarna sebelum proses mencuci. Setelahnya, rendam baju tersebut di dalam air hangat.
  2. Air kran juga bisa mempengaruhi lunturnya warna putih baju. Agar baju putih tidak menguning, tambahkan setengah cup cuka ke dalam mesin cuci sebelum Anda memasukkan baju.
  3. Cairan pemutih memang bagus untuk menghilangkan noda, namun juga bisa membuat baju kuning jika terus digunakan. Untuk meminimalisirnya, ganti pemutih dengan baking soda. Cobalah menggunakan setengah cup baking soda untuk campuran deterjen Anda, dibanding cairan pemutih.

BUSANA WARNA HITAM

  1. Perhatikan material baju hitam Anda. Semakin rendah kualitasnya, kain hitam akan lebih cepat memudar. Sebaiknya, baju hitam juga tidak boleh terlalu sering dicuci untuk menjaga warnanya tetap pekat.
  2. Pisahkan pakaian warna gelap dan cerah saat proses mencuci. Tak hanya warna gelap bisa memengaruhi warna cerah, tapi juga sebaliknya. Serat-serat pakaian warna cerah lebih mudah menempel di warna hitam, sehingga akan terlihat memudar jika sering dilakukan.
  3. Cuci baju hitam baru Anda dengan campuran 1 cup cuka dan 4 ember air sebelum mencucinya. Cuka memiliki khasiat untuk membuat warna tetap terjaga.
  4. Saat mencuci kain hitam, disarankan untuk menggunakan air dingin. Sebab, air hangat ataupun panas akan membuat warna cepat pudar. Selain itu, pemakaian sabun yang terlalu banyak juga tidak disarankan. Kandungan sulfur dalam deterjen, memiliki efek yang keras bagi pakaian Anda. Sebisa mungkin, cuci baju hitam dengan tangan dibanding mesin agar warna tetap terjaga.
  5. Untuk proses pengeringan, sebaiknya keringkan dengan mesin pengering dan hindari menjemur pakaian langsung di bawah sinar matahari. Pengaruh sinar matahari yang kuat dapat membuat baju berwarna Anda jadi cepat pudar

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tenaga kerja asing

Imigrasi Ungkap Gaji TKA Ilegal Yang Fantastis di Nabire

TIMIKA, SERUJI.CO.ID - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura, Timika, Papua menyebut puluhan pekerja asing atau TKA ilegal yang bekerja di tambang emas rakyat di...
Sudrajat-Syaikhu

101 Purnawirawan Jenderal Turun Gunung Menangkan Pasangan Asyik

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) telah menerjunkan sebanyak 101 purnawirawan perwira tinggi TNI ke Jawa Barat untuk memperjuangkan kemenangan Pasangan Calon...

Aparat Siap Amankan 332 TPS di Kota Banjar

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Polres Kota Banjar, menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kota Banjar serta pemilihan...

Nelayan Dilibatkan Pencarian Korban Tenggelamnya KM Sinar Bangun

SIMALUNGUN, SERUJI.CO.ID  - Basarnas melibatkan nelayan tradisional yang selama ini beroperasi di Danau Toba untuk mencari penumpang KM Sinar Bangun yang tenggelam sejak 18...
Pesawat N219

Baku Tembak dengan Separatis Masih Berlangsung, Evakuasi Sulit Dilakukan

JAYAPURA, SERUJI.CO.ID -  Maskapai penerbangan Trigana Air kesulitan mengevakuasi kru dan pesawat yang ditembak Kelompok Separatis Papua di Bandara Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Senin...
loading...