dr. Endang Sulistiyowati

dr. Endang Sulistiyowati, terlahir pada bulan Agustus 1976 di Kabupaten Klaten, Jateng. Sejak kecil sudah bercita-cita menjadi dokter, lebih spesifiknya lagi menjadi dokter Puskesmas. Menurutnya waktu itu dokter Puskesmas adalah profesi yang paling nyaman buat dokter wanita. Karena dokter Puskesmas tidak ada shift jaga sore maupun malam sehingga berangkat pagi dan siang hari sudah sampai rumah.

Dan ternyata cita-cita tersebut tidak bergeser sedikitpun sampai sekarang. Saat ada jalan untuk meraih cita-cita terbuka ia segera menyambarnya. Pada Tahun 2004 dibuka lowongan CPNS untuk ditempatkan di Puskesmas, Endang mengikuti tes CPNS dan diterima. Kemudian ditempatkan di Puskesmas Takokak, Cianjur, Jabar dan langsung diamanahi untuk memimpinnya.

Tahun 2008, dr. Endang pindah dinas ke Jawa Tengah dengan alasan mengikuti suami. Sekarang ia dinas di salah satu Puskesmas di Wonogiri, Jateng. Belum pernah mutasi sampai sekarang. Dan belum berminat menduduki jabatan struktural/eselon, meski pernah beberapa kali menerima tawaran.

Benar seperti apa yang ia bayangkan waktu kecil, dengan menjadi dokter Puskesmas meski seorang ibu yang bekerja di luar rumah namun kehadirannya dimata anak-anak seolah-olah ia tidak bekerja, sebab bila mereka berangkat Endang masih di rumah dan jika mereka pulang ia sudah di rumah.


Sebelum jadi dokter Puskesmas, Endang sempat berfikir kalau dokter Puskesmas itu enteng, sebab hanya mengatasi penyakit yang ringan-ringan (batuk, pilek, pusing dan keju kemeng). Tapi setelah merasakan sendiri ternyata selain malakukan pelayanan pengobatan pasien, dokter Puskesmas juga punya tugas berat sebagai lini pertama mensukseskan program-program kesehatan Nasional.

Semua program kesehatan yang dicanangkam Kemenkes dengan sasaran masyarakat, maka puskesmaslah yang dijadikan ujung tombak program. Suksesnya program kesehatan masyarakat dipengaruhi oleh kinerja puskesmas, yang tentu saja dokter puskesmas adalah salah satu elemen pokok di Puskesmas.

Program imunisasi, pemberantasan TBC, kusta, HIV-AIDS, penurunan angka kebutaan, gizi buruk, stunting, Indonesia bebas pasung dan banyak lagi, termasuk program BPJS yang walaupun secara struktural BPJS bukan dibawah kemenkes tapi langsung dibawah Presiden, namun kemenkes adalah mitra utama BPJS.

Sebelum menjadi PNS, Endang sempat berkelana bekerja di beberapa klinik dan RS di Jakarta, Tangerang, Depok dan Bekasi . Karena waktu itu masih gadis, meski harus jauh dari keluarga, ia memilih wilayah Jabodetabek untuk bekerja karena fee dokter disana jauh lebih tinggi daripada di Solo Raya sehingga bisa lebih cepat mengumpulkan modal untuk kemandirian praktek di masa depan.

Belum pernah terbersit keinginan untuk menempuh pendidikan dokter spesialis, karena menurut Endang, dokter spesialis di Indonesia itu berat bebannya terutama dalam masalah waktu, setiap saat harus siap mendapat konsultasi pasien dan siap segera melakukan tindakan darurat yang dibutuhkan kapanpun, bahkan saat momen penting keluarga sedang berlangsung.

PENDIDIKAN

Pendidikan dari TK sampai SD ditempuh di kampung halamannya Solo Raya. Kemudian melanjutkan ke SMPN 1 Boyolali, lanjut SMAN 1 Klaten dan kuliah di Fakulatas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Sekarang dr. Endang tinggal di Sukoharjo, Jateng bersama suami dan kedua putrinya.

Rumah yang ditempati dr. Endang dijadikan tempat praktek kedokteran. Alasan memilih rumah agar keluarga bisa menemuinya setiap waktu jika ada keperluan. Maka jangan heran bila melihat Endang pas praktek di rumah terkadang ada anak disampingnya, malah terkadang rebutan pulpen.

Dari muda saya terbiasa berorganisasi, sekarang dr. Endang aktif di beberapa organisasi dan yayasan. Endang juga tercatat sebagai anggota GMKM yang diprakarsai oleh Ferry Koto yang telah melahirkan SERUJI.

(SU01)

  • 5
    Shares

KONSULTASI

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?
Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Ibu Muda Ini Sudah Harus Cuci Darah, Inilah Penyebabnya

Usia masih muda, tapi wanita ini sudah harus menjalani cuci darah rutin. Apa penyebabnya? simak penjelasan dr. Irsyal Rusad., dokter spesialis penyakit dalam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Baca Juga

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Jokowi, Propaganda Rusia dan Rand Corporation

Penggunaan istilah Propaganda Rusia ini menjadi masalah besar sebab dalam kapasitas apa Jokowi menyatakan hal tersebut? Apakah sebagai Presiden Republik Indonesia atau sebatas calon presiden (Capres)?

12 TPS di Wilayah Kabupaten OKU Tercatat Rawan

SUMATERA SELATAN, SERUJI.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan...

Nilai Puisi Fadli Menista Mbah Moen, Ribuan Santri di Bogor Alihkan Dukungan ke Jokowi

Di antara mereka yang hadir adalah ratusan perwakilan santri dari Cisarua. Santri dari daerah yang merupakan tempat kediaman Fadli Zon itu merasa malu dan kecewa.

Ragukan Survei Indomatrik, Romahurmuziy: Beneran atau Imajinatif?

Tak percaya Rommy dengan hasil survei Indomatrik yang tunjukkan elektabilitas Prabowo makin pepet Jokowi.

Bentuk Satgas, Dewan Pers Akan Berantas Media Abal-Abal

Dewan Pers segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) untuk memberantas media yang tidak resmi alias abal-abal dan merusak citra media resmi

Sambut Putra Mahkota Saudi, 307 Personil Polisi Disiapkan Untuk Pengamanan

Sebanyak 307 personel kepolisian akan diturunkan untuk membantu pengamanan Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman

Kasasi Ditolak MA, Akhirnya HTI Resmi Dilarang Berkegiatan di Indonesia

Final, HTI tidak boleh lagi beraktifitas di Indonesia...

Nilai Puisi Fadli Menista Mbah Moen, Ribuan Santri di Bogor Alihkan Dukungan ke Jokowi

Di antara mereka yang hadir adalah ratusan perwakilan santri dari Cisarua. Santri dari daerah yang merupakan tempat kediaman Fadli Zon itu merasa malu dan kecewa.

Ragukan Survei Indomatrik, Romahurmuziy: Beneran atau Imajinatif?

Tak percaya Rommy dengan hasil survei Indomatrik yang tunjukkan elektabilitas Prabowo makin pepet Jokowi.

Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo Makin Pepet Jokowi, Selisih Hanya 3,93 Persen

Menurut Indometrik, elektabilitas Prabowo-Sandiaga makin memepet Jokowi-KH Ma'ruf, dan saat ini hanya terpaut 3,93 persen.

Diperiksa Bawaslu, Ganjar Mengaku Tidak Ajak Kepala Daerah Dukung Jokowi

Selain itu, ada pula pertanyaan apakah Ganjar mengajak kepala daerah untuk mendukung pasangan capres Jokowi-Amin dan dijawab tidak.

TERPOPULER

Iriana Jokowi Berpesan Pada Arumi Untuk Jaga Emil Dardak, Bagaimana Maksudnya?

Arumi Bachsin dapat pesan khusus dari Ibu Negara....

Shalat Jumat di Masjid Kauman, Prabowo Diberi Tempat di Shaf Depan

Calon Presiden (capres) nomor urut 02, Prabowo Subianto melaksanan shalat Jumat di Masjid Kauman, Semarang, Jumat (15/2)

Lanjutkan Silaturahim ke Ulama NU, Kali Ini Syekh Somad Sowan ke Mbah Moen

"Belajar ilmu tawadhu' dari beliau, 'Saya ini bukan Kiyai, saya ini awam', Masya Allah," tutur Syekh Abdul Somad.