Zulkifli Hasan: Penambahan Pimpinan Tingkatkan Kinerja MPR

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menilai penambahan tiga pimpinan MPR RI dapat meningkatkan kinerja MPR dalam menjalankan tugas-tugasnya.

“Semakin banyak pimpinan MPR RI tentunya semakin banyak yang menjalankan tugas,” kata Zulkifli Hasan di Jakarta, Kamis (22/3).

Menurut Zulkifi, pimpinan MPR periode 2014-2019 ada sebanyak lima orang dan setelah diberlakukannya UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), pimpinan MPR bertambah tiga orang menjadi delapan orang.

Pimpinan MPR RI, kata dia, semakin banyak. Logikanya semakin banyak yang menjalankan tugas maka kinerjanya akan semakin meningkat.

Penambahan pimpinan MPR RI dilakukan setelah perubahan kedua UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MD3 menjadi UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MD3.

Dalam UU Nomor 2 Tahun 2018 menyebut, penambahan kursi pimpinan MPRdiisi oleh partai politik yang memperoleh suara urutan pertama, urutan ketiga dan urutan keenam pada Pemilu 2014.

Partai politik tersebut diterjemahkan dengan PDI Perjuangan, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

PDI Perjuangan menunjuk ketua fraksinya di MPR Ahmad Basarah untuk menduduki jabatan wakil ketua MPR RI, sedangkan Partai Gerindra menunjuk sekretaris jenderalnya, Ahmad Muzani, yang juga ketua fraksi partai tersebut di DPR RI.

Kemudian, PKB menunjuk ketua umumnya, Muhaimin Iskandar, yang juga anggota DPR RI menjadi Wakil Ketua MPR RI.

Dalam rapat gabungan MPR RI yang dipimpin Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Rabu (21/3), diputuskan tiga nama tersebut akan dilantik menjadi pimpinan MPR RI melalui forum rapat paripurna, pada Senin (26/3).

“Meskipun ada keberatan dari Fraksi PPP, tapi fraksi-fraksi lainnya di MPR RI sepakat Muhaimin dilantik jadi Wakil Ketua MPR RI,” katanya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Undang-undang dan Perda Syariah: Ada atau Tidak Ada?

Apakah ada Perda yang secara khusus disebut “Perda Syariah”, misalnya, Perda Provinsi Banten Nomor 10 Tahun 2018 tentang Syariah? Perda semacam itu tidak ada, dan belum pernah dijumpai di daerah manapun di tanah air kita ini. Demikian pula tentang Undang-Undang Syariah, adakah di negara kita ini? Sepanjang pengetahuan saya, UU seperti itu tidak ada.

Penegakan Hukum Yang Kaya Kezaliman dan Miskin Rasa Keadilan

Bercermin kepada praktek penegakan hukum di Indonesia beberapa tahun tarakhir, khususnya di era Rezim Pemerintahan saat ini, tentunya kita melihat banyaknya praktek-praktek penanganan kasus hukum yang masih jauh dari apa yang diharapkan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.