Zulkifli Hasan: Penambahan 3 Pimpinan MPR Amanat UU MD3

PADANG, SERUJI.CO.ID –┬áKetua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan penambahan tiga pimpinan MPR sesuai dengan amanat Undang Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD, atau dikenal UU MD3 2018.

“Kita hanya menjalankan amanat undang-undang dan rencananya pelantikan ketiga pimpinan baru itu akan segera dilakukan,” kata dia selepas memberi motivasi kepada mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), di Padang, Kamis (22/3).

Ia mengatakan ketiga pimpinan MPR yang akan dilantik yakni Muhaimin Iskandar dari PKB, Ahmad Basarah dari PDI Perjuangan, dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra.

“Kami akan lakukan pelantikan pada Senin (26/3) dalam rapat paripurna MPR RI pukul 13.00 WIB,” kata dia.

Ia menyebutkan penambahan ketiga pimpinan itu murni karena perintah undang-undang sehingga pihaknya langsung melaksanakan.

Pihaknya telah melakukan rapat terkait persoalan ketiga nama pimpinan baru tersebut.

“Itu merupakan perintah UU MD3 yang menyebutkan pimpinan DPR RI ditambah satu orang dan pimpinan MPR RI ditambah menjadi tiga orang. Kami laksanakan amanat itu,” ujarnya.

Terkait tugas yang akan dijalankan oleh ketiga pimpinan MPR RI yang baru, ia mengatakan itu persoalan teknis.

Terkait adanya isu pelengseran Wakil Ketua MPR RI Mahyuddin, Zulkifli mengatakan Wakil Ketua MPR RI menjalankan jabatan sesuai amat undang-undang hingga akhir masa jabatan.

“Mereka boleh diganti asalkan pimpinan itu lebih dahulu mengundurkan diri. Hal ini jelas diatur dalam undang-undang,” kata dia. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

BUMN, Pseudo CEO, dan Efek Negatifnya

vonis hakim menunjukkan bahwa sejatinya Karen bukan direktur sesungguhnya. Bukan direktur utama yang sesungguhnya. Bukan CEO. Karen hanyalah seorang direktur semu. Seorang direktur-direkturan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.