Sejak Anies Baswedan Memimpin, Keadilan Sosial Mulai Terasa di Jakarta

44
1289
  • 1.9K
    Shares
janji jokowi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (kiri) dan Wakil Gubernur, Sandiaga Uno (foto: Twitter Sandiuno)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Anggota DPD RI, Fahra Idris menilai keadilan sosial di Jakarta mulai dirasakan oleh warga sejak Gubernur terpilih, Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta.

Hal itu, menurut Fahira, diantaranya ditandai dengan adanya aksi yang digelar Jaringan Rakyat Miskin Kota (JRMK) dan Serikat Becak Jakarta (Sebaja) di depan Balai Kota Jakarta, Senin (23/7) yang meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tetap membenahi Jakarta.

“Karena selama sembilan bulan memimpin Anies Baswedan dinilai banyak mengeluarkan kebijakan pro rakyat kecil,” kata Fahira lewat keterangan tertulis yang diterima SERUJI, Selasa (24/7).

Fahira mengungkapkan, kunci keberhasilan seorang kepala daerah dalam memimpin dan mengelola sebuah daerah adalah menghadirkan keadilan sosial terutama bagi warga yang terpinggirkan baik secara ekonomi, sosial, politik, dan budaya.

“Di kampung-kampung Jakarta sekarang ini terjadi perubahan besar. Dulu, kampung kota dan warganya dianggap masalah pembangunan dan selalu dibayangi ancaman penggusuran. Tetapi kini, impelementasi sila kelima Pancasila hadir di kampung-kampung kota Jakarta,” ujar Fahira.

Senator asal Jakarta ini mengatakan saat ini kampung kota yang ada di Jakarta ditata fisiknya dan warganya diberdayakan. “Kini mereka menjadi bagian penting dari pembangunan Jakarta,” katanya.

Menururt Fahira, walau sila-sila dalam Pancasila harus diamalkan seluruh rakyat Indonesia dalam perbuatan dan tindakan sehari-hari, tetapi dampaknya akan sangat terasa jika seorang pemimpin mulai dari Pusat hingga Daerah menjadi yang terdepan mengamalkannya.

“Ini karena, pemimpin lebih mempunyai kekuatan dan sumberdaya untuk menegakan sila dan nilai Pancasila dibanding warga negara biasa,” tuturnya.

“Persoalan terbesar bangsa ini termasuk Jakarta adalah keadilan sosial akibat kesenjangan atau ketimpangan yang begitu curam antara si kaya dan si miskin. Cara mengatasinya adalah amalkan sila ke lima Pancasila secara konsisten. Niscaya kesenjangan ini akan semakin kecil dan ini yang sekarang sedang diupayakan terjadi di Jakarta,” papar Ketua Komite III DPD RI ini.

Tidak hanya keadilan dari sisi sosial dan ekonomi saja yang saat ini sedang diwujudkan, tetapi juga keadilan sosial dari sisi budaya.

“Budaya dan seni Betawi yang merupakan akar, jati diri dan khazanah kota Jakarta, saat ini lebih mendapat perhatikan dan semakin semarak dirayakan di Jakarta,” pungkasnya.
(ARif R/Hrn)

44 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU