Rapat Bamus DPR Serahkan Pergantian Setya Novanto ke F-Golkar


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPR memutuskan penunjukan pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR diserahkan kembali dalam internal Fraksi Partai Golkar, setelah DPP Partai Golkar dan Fraksi Partai Golkar DPR mengirimkan surat pergantian Setya Novanto sebagai Ketua DPR dan menunjuk Azis Syamsuddin.

“Rapat Pengganti Bamus tadi hasilnya semua surat yang masuk akan dibacakan nomor dan perihalnya dalam Rapat Paripurna,” kata Ketua Fraksi Partai Golkar Robert Kardinal di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/12).

Robert mengatakan surat penunjukkan Azis sebagai Ketua DPR akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR namun tidak ada pelaksanaannya.

Menurut dia, akan dilihat mekanisme berikutnya sesuai dinamika di internal Golkar dan Fraksi Partai Golkar.

“Nanti diproses sesuai mekanisme. Fraksi itu kepanjangan partai, hanya menyampaikan surat partai,” ujarnya.

Robert memastikan Aziz Syamsuddin tidak akan dilantik dalam Rapat Paripurna (11/12) menggantikan Novanto yang telah mengirimkan surat pengunduran diri sebagai Ketua DPR. Menurut dia, pergantian Ketua DPR tersebut akan dibicarakan di internal Golkar.

Sebelumnya, Pimpinan DPR menggelar Rapat Pengganti Badan Musyawarah (Bamus) DPR, membahas surat pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR, kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

“Agendanya membahas surat pengunduran diri kemudian surat penunjukan,” kata Fahri di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Fahri mengatakan ada tujuh surat dari Novanto yang dikirimkan kepada Pimpinan DPR namun Fahri enggan menjelaskan surat apa saja yang dikirimkan Novanto tersebut.

Menurut dia, surat Novanto itu diterima Pimpinan DPR setelah sebelumnya diterima Biro Pimpinan DPR.

Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sarifuddin Sudding membenarkan adanya surat pengunduran diri Setya Novanto sebagai Ketua DPR, dan menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR, serta telah diterima Pimpinan DPR.

“Iya sudah ada surat pengunduran diri Pak Novanto di tanggal 4 Desember dan tanggal 6 Desember yang ditujukan kepada Pimpinan DPR,” kata Sudding di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin.

Dia mengatakan dalam surat pengunduran diri tersebut, Novanto menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai penggantinya di kursi Ketua DPR.

Dia mengatakan MKD masih menunggu Pimpinan DPR lainnya karena bisa jadi akan dilaksanakan Rapat Badan Musyawarah (Bamus) membahas rencana pergantian Ketua DPR. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close