Pimpinan DPR: Pengganti Setya Novanto Ranah Fraksi Golkar

0
30
Taufik Kurniawan
Taufik Kurniawan, Wakil ketua DPR RI. (Foto: Fajar/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menegaskan pimpinan DPR tidak ikut campur terkait calon pengganti Setya Novanto sebagai Ketua DPR, dan menyerahkan sepenuhnya kepada Fraksi Partai Golkar sebagai kepanjangan tangan Partai Golkar.

“Siapapun pengganti Pak Novanto menjadi ranah Fraksi partai Golkar sehingga pimpinan DPR tidak akan ikut campur,” kata Taufik di Jakarta, Selasa (12/12).

Taufik menjelaskan pimpinan DPR baru pada Senin (11/12) pagi menerima surat resmi pengunduran diri Novanto sebagai Ketua DPR sehingga langsung dibahas dalam rapat pimpinan yang berlangsung cukup lama sehingga pelaksanaan rapat paripurna diundur.

Dia mengatakan dalam rapat pimpinan tersebut juga diundang Sekretariat Jenderal DPR dan Badan Keahlian DPR untuk mengkaji dari semua sisi termasuk Tata Tertib dan UU nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3).

“Surat pengunduran diri dilampiri surat-surat lain, ada sekitar enam surat dari Fraksi Partai Golkar dan DPP Partai Golkar,” ujarnya.

Politisi PAN itu mengatakan rapat pimpinan DPR disepakati perlu ada pembahasan lebih lanjut untuk disampaikan ke pimpinan fraksi-faksi dalam Rapat Pengganti Bamus.

Hal itu menurut dia karena pimpinan DPR hanya meneruskan surat-surat masuk ke mekanisme berikutnya ke Bamus.

“Rapat Pengganti Bamus berjalan biasa saja karena perbedaan pandangan dan penyampain persepsi itu merupakan bagian dalam dinamika sehingga Alhamdulillah disepakati musyawarah mufakat,” katanya.

Taufik mengatakan dari 10 fraksi yang dimintai pendapatnya, semuanya dari awal menilai dinamika di Fraksi Golkar jadi bagian yang tidak perlu diperpanjang dan bukan dalam ranah di Badan Musyawarah. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tb Hasanuddin Janji Alokasikan Anggaran Rp1 Triliun untuk Pesantren

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut dua Tb Hasanuddin atau Kang Hasan menegaskan komitmen dirinya yang akan mengalokasikan anggaran Rp1 triliun untuk...

Flash- Merapi Alami Kembali Letusan Freatik

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID- Gunung Merapi yang berada di perbatasan DIY dan Jawa Tengah kembali mengalami letusan freatik, Senin (21/5), sekitar pukul 09.38 WIB dengan durasi...
daging sapi

Bulog Bangka Datangkan Ratusan Daging Beku

PANGKALPINANG, SERUJI.CO.ID - Perum Bulog Subdivre Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mendatangkan 300 kilogram daging sapi beku, untuk mengantisipasi lonjakan permintaan masyarakat selama...

Jepang dan Taiwan Menang Telak di Piala Uber

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Tim favorit Jepang dan Taiwan masing-masing belum menemui kesulitan dan mencatat kemenangan telak pada babak penyisihan grup turnamen bulu tangkis beregu...

Gara-Gara Ayam, Keponakan Tega Bunuh Pamannya Sendiri

GARUT, SERUJI.CO.ID - Polisi menangkap seorang tersangka yang membunuh pamannya sendiri di Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Ahad (20/5) siang, yang dipicu masalah menanyakan...