Lakukan Sosialisasi, Bambang Haryo Minta Masyarakat Pahami Empat Pilar

0
56
Bambang Haryo S, Anggota Komisi VI DPR RI

SIDOARJO, SERUJI.CO.ID – Anggota MPR RI Bambang Haryo, meminta kepada masyarakat untuk terus memahami empat pilar Kebangsaan Indonesia yakni Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini dilakukan supaya masyarakat dapat memahami tujuan empat pilar tersebut dan mengaplikasikan di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya di sela kegiatan sosialisasi empat pilar di gedung Hall Edotel, SMKN 1 Kecamatan Buduran, Sidoarjo, Jumat (3/11).

Ia mengemukakan, kegiatan sosialisasi tersebut diikuti oleh puluhan kepala desa, RT dan RW se-Kabupaten Sidoarjo.

“Dalam sosialisasi ini, peran pemerintah juga diperlukan bahkan juga sebagai tugas pemerintah. Agar, penetrasi empat pilar ini lebih cepat ke masyarakat,” katanya.

Ia mengatakan, sosialisai empat pilar ini juga bertujuan untuk mendapatkan masyarakat yang berkarakter, sehingga tidak mudah dipecah belah oleh unsur-unsur yang merusak persatuan.

“Kalau persatuan sudah kuat. Maka akan sulit dipecah belah oleh unsur-unsur yang merusak persatuan itu sendiri,” katanya.

Menurtnya, pemahaman empat pilar saat ini sudah menurun karena, dan hal ini perlu ditingkatkan lagi.

“Saya berharap semoga bisa dikembalikan lagi dan para peserta yang ikut sosialisasi hari ini, bisa ikut menyebarkan di seluruh lingkungannya,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Pakar Komunikasi dari Universitas Dr Soetomo Surabaya Prof Sam Abede Pareno yang menjadi nara sumber beranggapan, bahwa masyarakat saat ini sudah melupakan Pancasila dan mengabaikan hal-hal yang berbau sparatisme.

“Karenanya peningkatan kecintaan empat pilar ini perlu dilaksanakan supaya warga menjadi paham dan cinta terhadap tanah air. Pancasila sangat layak menjadi empat pilat. Karena ini sesuai dengan visi dan misi negara ini dan harus dilaksanakan. Hal itu karena kebhinekaan negara ini yang cukup banyak dengan beragam suku bangsa,” katanya. (Ant/SU01)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU