close

KPU Diminta Bersihkan DPS Ganda

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áKetua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum bertindak serius membersihkan data pemilih ganda dalam daftar pemilih sementara (DPS) untuk pilkada serentak 2018.

“Sampai saat ini masih ada ribuan data pemilih ganda di sejumlah daerah,” kata Bambang Soesatyo, melalui pernyataan tertulisnya yang diterima di Yogyakarta, Jumat (6/4).

Menurut Bambang, untuk membersihkan data pemilih ganda tersebut, dirinya mendorong Komisi Pemiihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara pilkada serentak segera melakukan coklit atau pencocokan dan penilitian data kembali di seluruh daerah yang akan mengikuti Pilkada 2018.

Sebelumnya, data pemilih ganda dalam DPS ditemukan di sejumlah daerah, antara lain di Provinsi Nusa Tenggara Timur sebanyak 5.373 nama, di Provinsi Bali Bali (2.796 nama), dan Jawa Timur (300 nama).


Politikus Partai Golkar ini menegaskan, KPU harus segera memperbaiki DPS yang memuat nama pemilih ganda, agar data pemilih pada pilkada serentak 2018 benar-benar valid.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini juga meminta KPU membersihkan DPS untuk pilkada serentak 2018 dari nama pemilih yang sudah meninggal dunia, tidak berdomisili sesuai TPS terdaftar, serta masih berusia di bawah umur, maupun yang berstatus TNI/Polri.

Bambang juga meminta seluruh pemerintah daerah hingga tingkat rukun tetangga (RT) untuk bersama-sama masyarakat bertindak proaktif dalam melakukan pengecekan DPS, sekaligus melaporkan jika menemukan adanya permasalahan.

“Pengecekan dan pembersihan data DPS ini sangat penting guna menghindari kecurangan dalam pilkada, sekaligus mewujudkan pesta demokrasi yang jujur dan adil,” katanya. (Ant/SU03)

BACA JUGA

Loading...

Kolom dr. Irsyal, Sp PD

Nikmat Allah Jangan Dustakan

Kenapa anak itu bahagia? Karena dia tahu berterimakasih dan menghargai hadiah yang didapatnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Loading...

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Diskursus Jernih DAS Citarum

Melalui seminar ini, BPK ingin berperan memperbaiki sungai sepanjang 300 kilometer yang didapuk oleh Bank Dunia sebagai sungai terkotor di dunia tersebut.

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

BPN Hormati Keputusan MK Memajukan Pembacaan Putusan Sengketa Pilpres 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi menghormati...

Keputusan Sengketa Pilpres Dipercepat Pada Tanggal 27 Juni

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Bagian Humas dan Kerja Sama...

PPDB Zonasi di Jakarta Akan Dilakukan Penyesuaian

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan...

Hindari Sinar-X, Sabu-Sabu Diselundupkan di Dalam Jok Mobil

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Penyelundup 15 kilogram (kg) sabu-sabu yang...

Bawaslu Kudus Persiapkan Data Untuk Hadapi Gugatan di MK

KUDUS, SERUJI.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kudus,...

Sikap Politik PAN Akan Dirujuk Dari Putusan MK

DEPOK, SERUJI.CO.ID - Sekjen PAN, Eddy Soeparno menyatakan putusan...

TERPOPULER