Komisi XI DPR Tetapkan Ketua dan Enam Anggota DK OJK

JAKARTA – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, Kamis malam (8/6), menetapkan Wimboh Santoso sebagai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (DK OJK) periode 2017-2022 menggantikan Muliaman D Hadad setelah mendapat 50 suara anggota dewan.

“Jadi kita tetapkan Wimboh Santoso sebagai Ketua DK OJK yang baru,” kata Ketua Komisi XI DPR Melchias Markus Mekeng sembari mengetok palu usai penghitungan suara secara tertutup di Komisi XI DPR, Kamis malam (8/6).

Total anggota Komisi XI yang memberikan suara berjumlah 55 orang. Wimboh menang telak dengan 50 suara, mengalahkan Sigit Pramono, –bankir yang menghabiskan 35 tahun di industri perbankan– yang hanya mendapatkan empat suara. Sementara satu suara anggota dewan lainnya dinyatakan abstain.

Adapun Wimboh merupakan birokrat karir yang lama berkecimpung di Bank Indonesia (BI) dan juga Dana Moneter Internasional. Saat menjabat di BI, dia pernah menduduki Direktur Pengaturan Perbankan BI pada 2010-2012 dan selanjutnya dipercaya sebagai Kepala Perwakilan BI di New York, Amerika Serikat.

Setelah penetapan Ketua DK OJK, Komisi XI melanjutkan rapat tertutup untuk menentukan enam anggota DK OJK yang akan mendampingi Wimboh periode 2017-2022.

Enam anggota DK OJK yang terpilih melalui pemungutan suara tertutup itu adalah sebagai berikut:

  1. Nurhaida (54 suara), merupakan petahana yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK
  2. Tirta Segara (51 suara), saat ini masih menjabat sebagai Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI
  3. Riswinandi (50 suara), sebagai Direktur Utama PT. Pegadaian Persero
  4. Heru Kristiyana (39 suara), merupakan mantan Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK
  5. Hoesen (34 suara), masih menjabat sebagai Direktur Bursa Efek Indonesia
  6. Ahmad Hidayat (22 suara), saat ini masih menjabat Direktur Departemen Keuangan Internal Bank Indonesia.

Keenam anggota DK OJK itu terpilih setelah proses seleksi yang dipimpin Panitia Seleksi bentukan pemerintah sejak Januari 2017. Kemudian, dari seleksi yang dilakukan Pansel, terkerucutkan 14 nama calon terbaik yang disahkan Presiden Joko Widodo dan diserahkan ke Komisi XI DPR RI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatutan.

Seleksi di Komisi XI DPR berlangsung sejak Senin (5/6) dan diakhiri pemungutan suara tertutup pada Kamis malam ini, dengan hasil akhir satu Ketua DK OJK terpilih dan enam anggota DK OJK.

Selanjutnya, kata Mekeng, merujuk pada Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011, OJK secara internal akan menetapkan enam anggota tersebut untuk menjadi Wakil Ketua dan lima anggota yang merangkap Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan, Kepala Eksekutif Pengawas Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan dan Lembaga Jasa Keuangan lainnya, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal, Ketua Dewan Audit, dan Kepala Eksekutif Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Selanjutnya, hasil dari Komisi XI ini akan diserahkan ke Badan Musyawarah DPR untuk dibawa dan disahkan di sidang paripurna DPR. (IwanY)

Sumber:Antara

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Mengenal Ide Pendirian Ruangguru.com, Berawal Dari Kesulitan Iman Usman dan Belva Devara

Inspirasi bisnis bisa datang darimana saja. Termasuk dari masalah yang kita hadapi sehari-hari.