Hendropriyono Usul Jabatan Presiden Diperpanjang Jadi 8 Tahun, Begini Alasannya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono mengusulkan agar masa jabatan Presiden yang selama ini 5 tahun, diperpanjang menjadi 8 tahun.

Hal itu disampaikan Hendropriyono saat menemui Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (12/7).

Tidak hanya masa jabatan Presiden, Hendro juga mengusulkan agar jabatan kepala daerah juga diperpanjang menjadi 8 tahun.

Mantan Ketua Umum PKPI ini beralasan, pemilihan Presiden yang selama ini berlangsung setiap 5 tahun sekali, biayanya makin lama makin besar. Selain itu, pemilihan Presiden setiap 5 tahun sekali tersebut juga makin memperuncing konflik di tengah masyarakat.

“Saya usul dan tampaknya ketua DPR RI cocok, bahwa tenggang waktu Presiden dan kepala daerah itu delapan tahun,” kata Hendro kepada awak media.

Perpanjangan masa jabatan Presiden tersebut, kata Hendro, juga harus dibarengi dengan pembatasan periode jabatan menjadi hanya 1 periode saja.

“Tapi satu kali saja, turun penggantinya nanti silahkan berkompetisi, tidak ada petahana,” jelasnya.

Dengan cara itu, menurut Hendro, Presiden dan kepala daerah akan berfokus bekerja, tidak memikirkan lagi jadwal kampanye untuk Pilpres periode berikutnya.

“Jadi delapan tahun itu pemerintah kuat dan rakyat kuat, tidak ada yang menggergaji pemerintah. Pemerintah tidak sewenang-wenang, tidak berkampanye, kerja saja delapan tahun yang betul,” tuturnya.

Selain mengusulkan masa jabatan Presiden menjadi 8 tahun, Hendro juga berharap pemilihan Presiden di masa mendatang tidak lagi dengan sistem pemilihan langsung, tapi kembali dengan cara pemilihan lewat MPR.

“Nah kalau menurut saya, kalau mau konsekuen, pemilihan itu harus dikembalikan ke MPR. Kalau enggak, rakyatnya juga jadi rusak mentalnya,” tukas Hendro.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Promo Miras Holywings, Fahira: Ini Provokasi bukan Promosi

SERUJI.CO.ID - Anggota DPD RI yang juga Senator DKI...

Demo Penghina Nabi di India, Dua Remaja Tewas

SERUJI.CO.ID - Dua remaja Muslim tewas dalam kekerasan di...

Syafii Maarif dan Isu Perbudakan Spiritual

Bagi saya mendewa-dewakan mereka yang mengaku keturunan Nabi adalah bentuk perbudakan spiritual.

Innalillahi, Kembali Indonesia Berduka Guru Bangsa Buya Syafii Maarif Berpulang

Kabar duka kembali menyelimuti bangsa Indonesia dengan berpulangnya guru bangsa Buya Syafii Maarif pada hari hari ini, Jumat 27 Mei 2022.

Di Hari Kebangkitan Nasional Website Berisi Karya Denny JA Diluncurkan

Denny JA meluncurkan website 300 karyanya di website DENNY JA’s WORLD. Peluncuran webside ini bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional.

Pembunuhan Jurnalis: Selebriti Dunia Menuntut Pertanggungjawaban Pemerintah Israel

Lebih dari 100 selebriti dan artis mancanegara menuntut pertanggungjawaban pemerintah Israel terhadap pembunuhan jurnalis Shireen Abu Akleh.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Segarkan Wajah dengan A I U E O