Fahri Hamzah Tolak Usulan Anggaran Dan Ekstensi Kewenangan Densus Tipikor

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menolak tegas usulan Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta anggaran Rp 2,6 triliun untuk pembentukan Densus Tipikor.

“Anggaran kepolisian sudah besar, nggak perlu ditambah-tambah,” tegas Fahri di gedung DPR, Rabu (18/10).

Menurut Fahri, masih banyak yang perlu dibahas soal Densus Tipikor. Tak mungkin, kata dia, Polri diberi tambahan kewenangan seperti yang diminta di rancangan Densus Tipikor.

“Masih banyak poin yang saya belum setuju. Misalnya tidak mungkin ada ekstensi kewenangan. Tidak mungkin, nggak ada dasarnya. Ekstensi kewenangan itu hanya ada di UU 30 Tahun 2002 dan itu hanya diberikan kepada KPK,” terang dia.

Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan bahwa dengan tidak adanya ekstensi kewenangan, maka seharusnya tidak ada tambahan anggaran. Polri diminta menggunakan anggaran yang ada.

“Pertama karena tak ada ekstensi kewenangan, maka kemungkinan ekstensi anggaran pun bisa ditekan. Dengan yang sudah ada, karena anggaran polri sudah banyak. Ini kan bukan membentuk lembaga baru seperti BNN dan KPK,” ujarnya.

Lebih lanjut Fahri juga menegaskan bahwa Densus Tipikor tidak bisa disamakan dengan Densus 88.

“Ini kan unit di dalam. Seperti Densus 88 itu kan cuma dengan SK Polri, cuma dia melaksanakan UU Terorisme makanya di situ ada beberapa ekstensi kewenangan. Di sini kan tidak ada ekstensi kewenangan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Tito menjelaskan detail pembentukan Densus Tipikor dalam rapat bersama Komisi III DPR. Tito menjelaskan soal anggaran yang mencapai Rp 2,6 triliun hingga struktur Densus Tipikor. (Herdi S/Hrn)

3 KOMENTAR

  1. Polri itu tugas sendiri aja belepotan, menjamin ketertiban dan rasa aman masyarakat sj tdk bisa…pungli d dlm institusi sj msh merajalela, ceck aja buat sim, mutasi kendaraan dll, pdhl ketua tim saber pungli…sooo??? Mau bentuk densus tipikor?? Halah….lahan baru..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER