Fahira: Jakarta Muharram Festival, Mimpi Warga yang jadi Kenyataan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Gelaran Jakarta Muharram Festival 2019 untuk menyambut tahun baru Islam 1441H berlangsung khidmat dan meriah. Warga Jakarta khususnya umat muslim yang sejak lama memimpikan pergantian tahun dalam kalender Islam ini menjadi agenda rutin pemerintah provinsi (Pemprov) akhirnya untuk pertama kalinya terwujud pada tahun 2019 ini.

Kesuksesan acara ini menjadi dasar yang kuat menjadikan Jakarta Muharram Festival sebagai event resmi yang wajib dihelat siapapun pemimpin Jakarta kelak.

“Tidak hanya meriah, tetapi juga berlangsung khidmat. Seumur hidup tinggal di Jakarta baru kali ini saya menyaksikan malam pergantian Tahun Baru Islam dirayakan dengan begitu suka cita oleh segenap warga. Ini (Jakarta Muharram Festival) seperti mimpi warga terutama umat Islam Jakarta yang jadi kenyataan,” ujar Anggota DPD RI atau Senator DKI Jakarta Fahira Idris, di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (2/9).

Fahira mengungkapkan, sepanjang lebih dari 5 tahun dirinya turun ke warga baik saat kampanye sebagai calon senator, sebagai Anggota DPD RI, dan saat kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017, salah satu keinginan terpendam warga adalah Pemprov memfasilitasi peringatan berbagai hari besar keagamaan.

Keinginan ini terlontar, ungkap Fahira, karena warga merasa periode-periode pemimpin sebelumnya acara peringatan keagamaan seperti tahun baru Islam digelar seadanya dan kebanyakan inisiatif warga.

“Dulu, acara Malam Tahun Baru Islam biasanya inisiatif warga. Di gelar di kampung-kampung atau sekitar lingkungan warga. Tetapi kini digelar secara meriah langsung di jantungnya kota Jakarta. Saya berterimakasih dan mengapresiasi inisiatif Pemprov DKI dan para pemangku kepentingan yang sudah bersedia mewujudkan keinginan warga Jakarta ini. Jakarta Muharram Festival 2019 layak menjadi event resmi Jakarta,” tukas Wakil Ketua Komite I DPD RI ini.

Sebagai informasi, Jakarta Muharram Festival 2019 yang baru pertama kali digelar merupakan inisiasi dari Pemprov DKI berkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait. Acara ini digelar di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia pada Sabtu (31/8) lalu.

Acara dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan dimeriahkan dengan beragam acara, pertunjukan dan penampilan. Mulai dari Halal Food Festival, Beauty Jakarta Festival, Muharram Concert, Piala Gubernur Pawai Obor, dan Fire Dance. Tari Topeng, Palang Pintu, Lenong dan Pantun, hingga Ondel-ondel feat Perkusi Marawis.

Pemprov DKI juga menmapilkan pertunjukan Water Screen Projection Laser di air mancur Bundaran HI dan 3D Project Mapping Building. Ada juga Fire Dance hingga Beauty of Jakarta Festival yang semakin memeriahkan suasana.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Implikasi Hukum Kebohongan Publik dari Pejabat Negara

JADI DARI KEDUA LANDASAN HUKUM ISLAM TERSEBUT JELAS BERBOHONG ATAU BERDUSTA ADALAH PERBUATAN YANG DILARANG DAN HARAM HUKUMNYA.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER