DPR Sepakat Naikkan Biaya Haji

0
29
Jamaah umrah dan sedang mengelilingi Kakbah. (Foto: Firman Arifin/SERUJI)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi VIII DPR RI menyepakati usulan kenaikan biaya penyelenggaraan ibadah haji, atau BPIH tahun 2018 yang diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan terhadap jemaah haji.

“Kenaikan BPIH karena adanya beberapa variabel yang membuat biaya haji menjadi naik. Namun kenaikan BPIH tersebut, diikuti dengan peningkatan kualitas pelayanan terhadap jemaah haji, seperti peningkatan frekuensi konsumsi dan akomodasi,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher Parasong melalui telepon selulernya, di Jakarta, Selasa (13/3).

Ali menjelaskan ada tiga variabel utama yang membuat biaya haji menjadi naik, pertama, Pemerintah Arab Saudi memberlakukan pajak pertambahan nilai (PPN) sebesar lima persen.

Kedua, kenaikan biaya avtur atau bahan bakar pesawat menyusul naiknya harga minyak dunia. Ketiga, biaya peningkatan kualitas pelayanan yang dibayar melalui dana optimalisasi (indirect cost).

Menurut Ali, dengan ketiga variabel utama tersebut, Komisi VIII DPR RI menyepakati kenaikan BPIH rata-rata sebesar Rp345.290 per jemaah haji.

Sebelumnya, Kementerian Agama dengan pertimbangan variabel utama tersebut mengusulkan kenaikan BPIH sebesar Rp900.061 per jemaah haji.

Setelah beberapa kali dilakukan pembahasan, pada rapat kerja antara Komisi VIII DPR RI dan Kementerian Agama, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (12/3), disepakati kenaikan BPIH rata-rata sebesar 0,90 persen atau Rp345.290.

Politikus Partai Amanah Nasional (PAN) ini menjelaskan, biaya haji secara keseluruhan per jemaah haji sesungguhnya adalah sekitar Rp61,7 juta yang terbagi menjadi dua komponen yakni biaya langsung dan biaya tidak langsung atau “direct cost” dan “indirect cost”.

“Jemaah haji mendapat subsidi dari negara melalui biaya tidak langsung,” katanya.

Ali Taher menambahkan, dengan adanya kenaikan BPIH, maka BPIH rata-rata tahun 2018 naik dari Rp34.890.312 pada 2017 menjadi Rp35.235.602 pada 2018. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Warga Mulai Persiapkan Lebaran Ketupat

GORONTALO, SERUJI.CO.ID - Sejumlah warga Kecamatan Bongomeme, Kabupaten Gorontalo, mulai mempersiapkan segala kebutuhan menjelang perayaan lebaran ketupat, yang digelar pada hari ketujuh setelah Idul Fitri. Beberapa...
balon udara

Polisi Razia Balon Udara Tanpa Awak

PONOROGO, SERUJI.CO.ID - Petugas gabungan dari Polres Ponorogo bersama TNI AD (Kodim Ponorogo) dan TNI AU (Pangkalan Udara Lanud Iswahjudi Magetan) merazia balon udara...
Neymar

Swiss Tahan Imbang Brazil 1-1

ROSTOV ON DON, SERUJI.CO.ID - Brazil bergabung dengan sejumlah negara besar yang gagal menggebrak pada pertandingan pembukaan mereka di Piala Dunia, ketika longgarnya pertahanan pada...
Leon Goretzka

Meksiko Rayakan Kemenangan Usai Taklukkan Jerman

MOSKOW, SERUJI.CO.ID - Kegembiraan para pendukung tim Meksiko setelah pertandingan pembuka mereka di Piala Dunia melawan Jerman berlanjut hingga ke dalam kereta, yang di Rusia...

Dikalahkan Meksiko 1-0, Ini Harapan Pendukung Tim Der Panzer

MOSKOW, SERUJI.CO.ID -  Sejumlah pendukung tim Der Panzer Jerman mengaku kecewa atas kekalahan timnasnya dari Meksiko 1-0 pada babak penyisihan grup putaran final Piala Dunia...