DPR Sampaikan Sikap Keras Kepada Uni Eropa Terkait Kampanye Sawit Indonesia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Delegasi DPR RI menyampaikan sikap keras kepada Parlemen Uni Eropa perihal kampanye negatif dari Uni Eropa terhadap komoditas sawit dari Indonesia.

“Delegasi DPR RI sampai mengingatkan agar Pemerintah Indonesia menghentikan kerja sama perdagangan dengan Uni Eropa jika Parlemen Uni Eropa tidak menghentikan kampanye negatif terhadap komoditas sawit dari Indonesia,” kata Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadel Muhammad, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin (23/4).

Menurut Fadel, pembicaraan mengenai komoditas sawit dari Indonesia merupakan bagian dari kegiatan pertemuan kerja sama antara DPR RI dan Parlemen Uni Eropa.

Pada pertemuan tersebut, kata dia, Delegasi DPR RI menjelaskan soal produk sawit Indonesia yakni “crude palm oil (CPO) sekaligus mengklarifikasi kampanye negatif yang dilakukan Uni Eropa kepada dunia.

“Kampanye negatif yang dilakukan Uni Eropa tersebut sangat merugikan Indonesia, baik perdagangan internasional maupun kehidupan petani sawit di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua BKSAP DPR RI, Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, pada kunjungan Delegasi DPR RI ke Parlemen Uni Eropa dapat mencapai kesepakatan kerja sama bilateral antara DPR RI sebagai Parlemen Indonesia dengan Parlemen Uni Eropa.

Menurut Nurhayati, selama ini Parlemen Uni Eropa menjalin kerja sama dengan Asosiasi Parlemen Asean (AIPA), tapi pada pertemuan dengan Parlemen Indonesia pekan lalu, Parlemen Uni Eropa mau membangun kerja sama bilateral dengan Parlemen Indonesia.

“Ini kemajuan sangat berharga bagi DPR RI,” katanya.

Fadel Muhammad menambahkan, setelah kembali dari kunjungan ke Uni Eropa, dirinya sebagai Ketua Masyarakat Agribisnis Indonesia melakukan investigasi.

Hasil dari investigasi menyimpulkan tiga hal, pertama kampanye negatif soal produk CPO dari Indonesia dilakukan oleh LSM Indonesia yang mendapat bayaran dari pengusaha Uni Eropa.

Kedua, kampanye yang dilakukan oleh LSM tersebut juga memberikan dampak negatif pada perkembangan politik nasional, sehingga harus diklarifikasi dan dihentikan.

Ketiga, kampanye negatif harus dilawan dengan kampanye negatif juga.

“Kalau Uni Eropa berani melakukan kampanye negatif melalui LSM Indonesia, maka Indonesia juga harus berani membuat tindakan tegas terhadap Uni Eropa,” katanya. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Media di Tengah Masyarakat Yang Terjangkit Post Truth

Bagi media, Post Truth itu sesungguhnya sangat menguntungkan. Karena di tengah masyarakat yang terjangkiti Post Truth mereka tidak sedang mencari kebenaran, tapi kesukaan.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER