DPR: Kenaikan Dolar Jangan Pengaruhi Transfer Daerah

0
17
(ilustrasi)

PONTIANAK, SERUJI.CO.ID – Anggota Komisi XI DPR RI G Michael Jeno mengatakan, dengan menguatnya Dolar AS terhadap Rupiah jangan sampai mempengaruhi dana transfer dari pusat ke daerah terutama untuk dana desa.

“Implikasinya banyak, apabila dolar sudah Rp14 ribu mempengaruhi APBN. Karena asumsi dolar APBN kita Rp13.400, ada selisih cukup besar Rp600 sehingga harus dibahas APBN perubahan. Dalam APBN Perubahan jangan sampai dana desa dikurangi,” ujarnya di Pontianak, Rabu (16/5).

Terkait dana desa sendiri menurutnya dari sisi anggaran akan sulit meningkat dari sebelumnya karena akan dilakukan penghematan – penghematan dengan kondisi melemahnya Rupiah.

“Kita akan berusaha jangan sampai penguruangan dana dena sebab dana desa implemataasi dan aksi dari nawacita pemerintah saat ini,” papar dia.

Ia menyebutkan dengan penguatan dolar juga berpengaruh terhadap barang modal untuk produksi dalam negeri. Dengan demikian harga yang dihasilkan tentu ikut naik.

“Kita saat ini impor BBM dan harga BBM saat ini naik. Tentu itu akan menjadi beban APBN karena asumsinya berbeda dengan adanya kenaikan dolar,” papar dia.

Sedangakan pada sisi ekspor dengan dolar As menguat akan sedikit memperbaiki kinerja ekspor terutama dari komoditas andalan seperti CPO, tambang, karet dan lainnya.

“Komoditas ekspor Kalbar pelan-pelan saat ini harganya membaik. Itulah keuntugan dari penguatan dolar AS. Secara umum pada prisipnya nilai tukar Rupiah harus terjaga dengan baik,” papar dia. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...