DPR: Keberadaan Polisi Parlemen Tidak Batasi Akses Rakyat

0
39
Foto : Teropong Senayan.com

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan keberadaan polisi parlemen dalam sistem pengamanan baru di kompleks parlemen tidak akan membatasi akses rakyat bertemu dengan para wakilnya.

“Prinsipnya bukan membatasi jarak antara rakyat dengan wakilnya, namun ini tindak lanjut dari peningkatan keamanan gedung parlemen sebagai objek vital yang sudah direncanakan lama,” kata Taufik, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (14/2).

Dia mengakui memasuki tahun politik yaitu menghadapi Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, perlu penekanan dalam aspek kenyamanan dan keamanan di kompleks parlemen.

Menurut dia, nota kesepahaman yang telah ditanda tangani antara DPR dengan Polri, untuk menjamin keamanan masyarakat yang ingin bertemu wakilnya dan juga bagi anggota parlemen.

“Hal yang pasti adalah meningkatkan rasa aman bukan hanya bagi anggota parlemen, namun juga wartawan dan masyarakat ke gedung parlemen. Standar pengamanannya diserahkan kepada Polri,” ujarnya.

Taufik yang juga Wakil Ketua Umum DPP PAN itu menjelaskan bahwa gedung parlemen sebagai objek vital harus mendapatkan pengamanan yang sama dengan objek vital lainnya.

Dia mengatakan perlu pemahaman bersama bahwa gedung parlemen sebagai simbol negara dan juga objek vital, namun selama ini standar pengamanannya masih longgar karena orang bebas keluar dan masuk tanpa meninggalkan identitas.

“Nanti kalau ada konstituen yang ingin bertemu wakilnya bisa meninggalkan kartu identitas, sehingga pengamanannya lebih terstruktur dan tertib, sehingga terstandarisasi,” katanya lagi.

Taufik juga menjelaskan sistem pengamanan baru parlemen tersebut tetap melibatkan Pengamanan Dalam (Pamdal) yang selama ini menjaga situasi keamanan gedung parlemen namun teknisnya berbeda dibandingkan sebelumnya.

Menurut dia, dalam format sistem pengamanan yang baru, personel kepolisian mengamankan di eksternal gedung, sedangkan di dalam gedung parlemen pengamanannya ditangani oleh Pamdal.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Tips Makan Sehat Puasa

Oleh: dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. SERUJI.CO.ID - "Puasalah agar kamu sehat", demikian salah satu hadis Rasulullah berkaitan dengan manfaat puasa bagi yang...

DPR Anggap Polisi Lakukan Pelecehan Karena Jadikan Alquran Sebagai Bukti Terorisme

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid menganggap kepolisian telah melakukan pelecehan pada ummat Islam karena tindakan menjadikan Alquran sebagai barang...

Pertamina TBBM Sei Siak kembali Resmikan Program CSR untuk Masyarakat Tanjung RHU dan Pesisir

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - PT Pertamina (Persero) Terminal Pengisian Bahan Bakar Minyak (TBBM) Sungai Siak meresmikan program Corporate Social Responsibility (CSR) pemberdayaan masyarakat di kelurahan...

Tebarkan Semangat Kebaikan, Bahagia Bersama Yatim PKPU HI Mulai Bergulir

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Di hari kedua Ramadhan PKPU Human initiative Kaltim menyalurkan program Bahagia Bersama Yatim berupa paket bingkisan, Sebar Al-Quran dan Buka Puasa...

Bupati Malinau Hadiri Panen Padi Perdana PT. MA dan PT. BDMS

MALINAU, SERUJI.CO.ID - Bupati Malinau DR. Yansen TP menghadiri panen padi perdana di lahan pertanian yang dioleh PT. Mitrabara Adiperdana (MA) dan PT. Bara...