DPD Susun RUU Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal

JAKARTA, SERUJI.CO.ID –┬áKomite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI menyusun rancangan undang-undang tentang percepatan dan pembangunan daerah tertinggal.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Rabu (24/1), DPD menilai RUU tersebut penting untuk pengentasan daerah yang masih tertinggal secara ekonomi, infrastruktur dan bidang-bidang lainnya.

Ketua Komite I Ahmad Muqowam mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sosialisasi ke tiga daerah mengenai pentingnya mendorong penyusunan undang-undang tersebut.

Dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komite I dengan mantan Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri I Made Suwandi dan Guru Besar FISIP UI Irfan Ridwan Maksum, di Gedung DPD RI Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Rabu (24/1), ia mengatakan RUU itu akan didorong agar masuk ke dalam program legislasi nasional (Prolegnas).

“Kami akan segera mensosialisasikan urgensi RUU ini ke tiga daerah di Indonesia, kami memerlukan semua permasalahan dan memperkaya materi RUU agar masuk ke prolegnas,” katanya.

I Made Suwandi mengatakan untuk penyusunan RUU diperlukan pendekatan yang menyeluruh.

“Tingkat keberhasilan dari kemajuan daerah terlihat dari indeks pembangunan manusianya, RUU ini harus mampu mengatasi permasalahan-permasalahan di daerah,” katanya.

Sedangkan Irfan Ridwan mengatakan kemajuan di daerah akan memberikan kontribusi terhadap kemajuan nasional. Karena itu kemajuan daerah harus dioptimalkan dan jangan ada ketimpangan antar satu daerah dengan daerah lainnya. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Cerita Hamzah Izzulhaq, Pengusaha di Bidang Pendidikan Yang Sukses di Usia Muda

Meski terbilang sukses di usia muda, nyatanya perjuangan Hamzah Izzulhaq tidaklah mudah.