Demi Wujudkan Hakim Berkualitas, DPR Soroti Kinerja Komisi Yudisial

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kinerja Komisi Yudisial (KY) penting untuk mewujudkan hakim yang berkualitas karena lembaga tersebut mempunyai kebijakan meningkatkan kualitas penyelenggaraan rekrutmen seleksi hakim dan mewujudkan kekuasaan kehakiman berkeadilan.

“Tapi faktanya, calon hakim agung yang diusulkan Komisi Yudisial dari segi kualitasnya, bobot keahlian hukumnya masih belum memenuhi harapan. Sangat jauh dari kriteria Komisi III DPR,” kata Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan dalam rilis, Sabtu (24/3).

Menurut dia, Komisi III DPR kerap disalahkan terhadap hakim agung yang dipilih oleh lembaga legislatif tersebut, padahal yang menyediakan para calon tersebut adalah Komisi Yudisial.

Politikus PDI Perjuangan itu juga mengkritik Komisi Yudisial yang terkesan tidak pro-aktif dalam mencari putra-putri terbaik bangsa sebagai calon hakim agung yang potensial.

Sebelumnya, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali berharap kepada sebanyak 1.591 calon hakim yang akan mendapatkan pembekalan untuk senantiasa menjaga integritas.

“Integritas ini akan mengalami banyak ujian ketika menjadi hakim. Akan tetapi mereka yang selalu mendengarkan hati nuraninyalah yang banyak berhasil dalam ujian integritas ini,” kata Hatta Ali saat memberi sambutan dalam pembekalan CPNS calaon hakim di lingkungan MA Tahun 2018 di Megamendung, Bogor, Jawa Barat, Rabu (21/2).

Dalam acara pembekalan yang dihadiri oleh Presiden Jokowi ini, Hatta mengatakan periode magang sebagai calon hakim juga harus dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan, mengasah ketrampilan dan memperluas wawasan.

“Pada masa ini hendaknya para calon hakim mulai membangun berbagai kompetensi pada diirinya, yaitu kepekaan terhadap dampak putusan, penguasaan atas formulasi putusan, kemampuan menganalisis masalah, kemampuan bekerja sama, kemampuan berkomunikasi elsecara lisan, kemampuan mengutarakan pendapat secara tertulis, kemmapuan mengambil keputusan, rasa percaya diri, ketelitian dan disiplin,” katanya.

Ketua MA juga mengatakan dalam proses pembelajaran ini para calon hakim juga harus menunjukkan karakternya sebagai inovator pembaruan peradilan serta menjadi pribadi yang siap belajar dan berbagi pengetahuan dengan aparatur peradilan lainnya namun tetap rendah hati. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Potret Pengelolaan BUMN: Prinsip GCG vs Managemen “Koncoisme”

Fenomena pengelolaan BUMN dan BUMD yang tidak mengindahkan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip GCG sangat potensial membawa kerugian dan kebangkrutan terhadap perusahaan BUMN dan BUMD yang bersangkutan.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER