Wakapolri: Plt Gubernur dari Polri Baru Wacana

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin mengatakan bahwa isu dua perwira tinggi Polri yang digadang-gadang akan menjadi pelaksana tugas (Plt) Gubernur di dua provinsi masih berupa wacana.

“Ini masih wacana,” kata Komjen Syafruddin di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Jumat (26/1).

Ia pun mengatakan bahwa wacana tersebut merupakan ranah kajian Kementerian Dalam Negeri. “Itu domain Kemendagri,” katanya.

Wakapolri pun berseloroh bahwa dua nama tersebut masih belum fiks. “Masih wacana, belum tentu, bisa juga saya Wakapolri, bisa juga Pak Royke (Kakorlantas). Tergantung Mendagri pilih siapa,” katanya.

Menurut dia, penunjukan pati polri sebagai pelaksana tugas gubernur bukanlah hal baru.

Ia mengatakan sebelumnya perwira tinggi Polri dan TNI pernah ditugaskan oleh Mendagri sebagai pelaksana tugas gubernur di Aceh dan Sulawesi Barat pada Pilkada Serentak 2017.

Tercatat Irjen Pol Carlo Brix Tewu pernah menjabat sebagai pejabat sementara Gubernur Sulbar dan Mayjen TNI Soedarmo sebagai pejabat sementara Gubernur Aceh.

Sebelumnya beredar isu bahwa dua perwira tinggi Polri digadang-gadang untuk menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur di dua provinsi di Tanah Air.

Dua pati yang dimaksud adalah Asisten Operasi (Asops) Kapolri Irjen Pol M. Iriawan dan Kadiv Propam Polri Irjen Pol Martuani Sormin.

Iriawan rencananya akan ditunjuk sebagai pelaksana tugas Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan. Sementara Martuani bakal ditunjuk sebagai pelaksana tugas Gubernur Sumatera Utara menggantikan Tengku Erry Nuradi.

Nantinya mereka akan menjabat sebagai pelaksana tugas gubernur hingga rangkaian Pilkada Serentak 2018 selesai. (Ant/SU01)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Lompatan Kinerja Helmy Yahya

Yang harus dikelola Helmy bukan hanya peralatan yang jadul, namun juga anggaran yang sangat minim. Dengan jumlah karyawan terbatas, TVRI masih harus mengelola pemancar yang berlokasi di seluruh Nusantara, bahkan di pelosok negeri yang tidak marketable seperti di Pulau Miangas atau Rote.

Divestasi Freeport

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER