Tidak Lolos Pilkada, Cabup Garut Gugat KPU

0
54
KPU
Komisi Pemilihan Umum.

BANDUNG, SERUJI.CO.ID – Calon Bupati Garut Agus Supriadi yang tidak lolos pada pendaftaran Pilkada Garut 2018 mengajukan gugatan kepada Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Garut terkait putusan KPU Garut yang dianggap melakukan kesalahan dalam memverifikasi dokumen administrasi syarat pendaftaran.

“Tentunya saya akan melakukan langkah sesuai aturan tentang putusan KPU yang tidak meloloskan saya mengikuti Pilkada Garut,” kata Agus Supriadi saat jumpa pers di Garut, Selasa (13/2) malam.

Agus Supriadi yang berpasangan dengan Imas Aan Ubudiah merupakan salah satu pasangan diusung partai politik Demokrat dan PKB yang tidak lolos menjadi peserta Pilkada Garut.

Agus Supriadi mantan Bupati Garut periode 2004-2009 itu mengaku keberatan terhadap keputusan KPU Garut tersebut hanya karena masalah administrasi status hukum kasus korupsinya masih dalam proses.

Menurut dia, putusan KPU Garut itu telah melanggar Undang-undang Pemilu Nomor 180 ayat 2 tentang jabatan dan kewenangannya yang diduga menghilangkan berkas calon sehingga menyebabkan hak politik warga negara hilang.

“Hak politik saya dijegal oleh KPU, masak calon lain yang bermasalah diloloskan saya tidak,” katanya.

Terkait masalah pembayaran Uang Pengganti (UP) Agus tentang kasus korupsi dana APBD Pemkab Garut, kata Agus, sedang diurus sejak 2017 dan ada keterlambatan dalam prosesnya.

Namun keterlambatan itu, kata dia, bukan kesalahan dari pasangan calon tetapi dari lembaga yang mengurus ganti rugi uang negara yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Jangan semua persoalan disalahkan untuk calon, kalau prosesnya lambat salahkan lembaga yang mengurusnya, bukan calon,” kata Purnawirawan TNI AD itu.

Jika masalahnya keterlambatan administrasi, menurut Agus, pasangan calon lain juga seharusnya tidak lolos karena surat mengajukan diri sebagai bupati, sekretaris daerah dan anggota DPR Jabar masih dalam proses.

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

BACA JUGA

Rayakan Keberkahan Bulan Mulia dengan Buka Bersama 2500 Yatim

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 2500 anak yatim mengikuti buka bersama yang diselenggarakan Bank BJB dan PKPU Human Initiative Jawa Barat, Rabu (23/5). Program tersebut...
Uang Rupiah

Rupiah Terus Melemah, Pemerintah Janji Akan Atasi

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan mengatasi pelemahan rupiah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). "Pemerintah bersama-sama Bank Indonesia akan...

Desa di Lereng Merapi Cek Kesiapan Barak Pengungsian

SLEMAN, SERUJI.CO.ID -  Pemerintah Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengecek kesiapan dan kelengkapan barak pengungsian yang ada di komplek Balai Desa...
bus

Bengkulu Mulai Uji Kelaikan Angkutan Lebaran

BENGKULU, SERUJI.CO.ID - Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kota Bengkulu mulai menggelar uji kelaikan kendaraan umum angkutan Lebaran 2018. Kepala Unit Pelaksana...

Menkeu: Utang Luar Negeri Indonesia Terus Turun

SUKOHARJO, SERUJI.CO.ID - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan utang Indonesia terus mengalami tren penurunan dari tahun ke tahun. "Sesuai dengan yang diatur dalam undang-undang keuangan,...